Hindari Naik Motor Pakai Sandal, Ini Alasannya

Suara.com – Sepatu adalah alas kaki yang ideal bagi pengendara motor, karena mampu membungkus kaki dengan sempurna. Hal ini tentu akan berbeda jadinya ketika kita menggunakan sandal saat berkendara motor.

Meski praktis, pemakaian sandal untuk naik motor justru sangat berisiko. Memang ada kalanya pengendara motor membawa sandal sebagai jaga-jaga kalau hujan di jalan. Jadi, sepatu bisa disimpan dan berganti dengan sandal.

Namun sayangnya, seperti dikutip dari Wahana Honda, pengendara motor harus berhadapan dengan risiko di bawah ini ketika memilih untuk memakai sandal sebagai alas kaki waktu naik motor.

Ilustrasi Orang Sedang Naik Motor (Pixabay)
Ilustrasi naik motor mengenakan sepatu lengkap (Pixabay)

Risiko bahaya bila naik motor pakai sandal:

Baca Juga: Sindir Pemotor Lewat Media Sosial, Ridwan Kamil: Beli Motor tapi Tak Bisa Beli Akal Sehat

Risiko luka bakar

Tanpa terlindungi oleh sepatu, kaki berisiko mengalami luka bakar akibat tak sengaja menyentuh knalpot maupun blok mesin yang panas. Apalagi jika mengendarai motor sport.

Risiko tergores

Kaki pun berisiko mengalami luka gores jika hanya mengenakan sandal dan bukannya sepatu. Goresan ini bisa muncul akibat terkena kerikil beterbangan, maupun benda-benda tajam yang ada di jalanan. Misalnya saja ranting tanaman, maupun bagian kasar dari trotoar.

Risiko cedera

Baca Juga: Krisis Magnesium Bikin Heboh, Pabrikan Motor Siap-Siap Mengalami Kendala Produksi?

Selain potensi luka bakar dan tergores, ada risiko cedera yang harus dihadapi jika tidak mengenakan sepatu waktu naik motor. Cedera bisa muncul apabila kaki tersenggol kendaraan-kendaraan lain di sekitar. Selain itu, apabila terjatuh, risiko cedera menjadi lebih besar karena kaki tidak terlindung seperti halnya jika mengenakan sepatu.

Rekomendasi model sepatu buat naik motor

Sepatu yang aman untuk mengendarai motor adalah yang modelnya menutupi mata kaki, karena mampu melindungi jari, tumit, bagian kaki lain, hingga pergelangan kaki sekaligus. Untuk naik motor bebek maupun sport, gunakanlah sepatu dengan hak, yang dapat menjaga grip di antara sepatu dan footstep.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *