Laka Lantas Vanessa Angel: Mitsubishi Pajero Sport Ultimate Dilengkapi 7 Airbag

Suara.com – Pada Kamis (4/11/2021) lepas tengah hari, di Tol Nganjuk menuju arah Surabaya dari Jakarta, satu unit Mitsubishi Pajero Sport Ultimate warna putih mengalami kecelakaan atau laka lantas.

Berdasarkan keterangan Dirlantas Polda Jawa Timur Kombes Pol Latif Usman, dari laka lantas itu, telah berpulang artis Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Ardiansyah. Penyebabnya, mobil menabrak pembatas tol akibat pengemudi kurang konsentrasi atau mengantuk.

Airbag Lutut di Mobil Lexus ES 350 2019. (IIHS)
Contoh airbag di bagian lutut Airbag Lutut di Mobil Lexus ES 350 2019. (IIHS)

Dalam sebuah laka lantas kendaraan roda empat, pertanyaan seputar safety atau keselamatan senantiasa mengemuka. Utamanya kantong penyelamat atau airbag.

Mitsubishi Pajero Sport Ultimate yang dikendarai keluarga Vanessa Angel itu dilengkapi 7 SRS Airbags. SRS sendiri singkatan dari Supplemental Restraint System.

Baca Juga: Kejadian Laka Lantas Vanessa Angel: Diduga Tak Gunakan Sabuk Pengaman

Terdiri dari dua airbag penumpang depan, curtain airbag yang berada di samping kiri dan kanan penumpang depan dan baris kedua di kiri dan kanan. Sementara airbag ketujuh adalah pelindung lutut pengemudi.

Berapakah skor atau nilai yang diperoleh 7 SRS Airbags pada Mitsubishi Pajero Sport Ultimate?

Berdasarkan pengujian yang dilakukan Australasian New Car Assessment Programme atau ANCAP atas Mitsubishi Pajero Sport untuk semua varian, kendaraan kategori Sport Utility Vehicle (SUV) senilai Rp 630 juta ini memperoleh skor 5/5 atau lima bintang dari penilaian maksimal dengan skor dilambangkan bintang. Skor atau penilaian bisa disimak di halaman ini, dikutip dari ANCAP.

Pengujian atas Mitsubishi Pajero Sport oleh ANCAP [ANCAP].
Pengujian atas Mitsubishi Pajero Sport oleh ANCAP [ANCAP].

Dari keterangan pengujian ANCAP, Mitsubishi Pajero Sport pertama kali dirilis di Australia dan Selandia Baru pada Desember 2015.  Mitsubishi Pajero Sport diupgrade pada Januari 2020 atau Model Year 2020.

Peringkat keselamatan ANCAP ini didasarkan pada tes ANCAP yang dilakukan pada 2015 atas utilitas Mitsubishi Triton–platform untuk produk Pajero Sport–dan berlaku untuk semua varian Mitsubishi Pajero Sport.

Baca Juga: Vanessa Angel Laka Lantas, Ini Sejumlah Fitur Keselamatan Mitsubishi Pajero Sport

Penilaian tabrakan depan atau frontal, dengan penggunaan seatbelt untuk produk Mitsubishi Pajero Sport [ANCAP].
Penilaian tabrakan depan atau frontal, dengan penggunaan seatbelt untuk produk Mitsubishi Pajero Sport [ANCAP].

Pengujian airbag ini meliputi tabrakan ganda arah depan atau dual frontal, side chest, lutut pengemudi dan airbag kepala samping (tirai curtain) sebagai 7 SRS Airbags standar peranti safety mobil ini, juga uji atas Electronic Brake Distribution (EBD) dan Emergency Brake Assist (EBA).

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *