Suzuki Baleno Tidak Mengantongi Bintang dalam Uji NCAP Amerika Latin

Suara.com – Suzuki Baleno hatchback mendapat peringkat bintang nol dalam tes yang dilakukan new car assessment program (NCAP) Amerika Latin.

Ini bukan pertama kalinya Suzuki tidak mencatatkan bintang untuk salah satu produk mereka di pasar Amerika Latin. Sebab dua bulan lalu, Suzuki Swift juga mencatatkan hasil yang sama.

Alejandro Furas, Sekretaris Jenderal Latin NCAP, mengatakan, bintang nol Baleno adalah bagian dari kekecewaan yang berkelanjutan, setelah peringkat bintang nol Suzuki Swift beberapa minggu lalu.

Suzuki Baleno hatchback dipamerkan di Frankfurt, Jerman pada 2015 lalu (Shutterstock).
Suzuki Baleno (Shutterstock).

“Kinerja keselamatan yang sangat buruk pada perlindungan penumpang dewasa dan anak di penawaran dari Suzuki sebagai standar untuk konsumen Amerika Latin,” ujar Alejandro Furas, seperti dikutip dari Carscoops.

Baca Juga: Demi Mengadang Avanza dan Xpander, Suzuki Siapkan Penyegaran Ertiga?

Sementara itu Latin NCAP Chairman, Stephan Brodziak menambahkan, sangat disayangkan ada lagi mobil zero stars dari Suzuki.

“Disebutkan model Baleno memiliki tingkat keamanan yang rendah,” terangnya.

Seperti Suzuki Swift, Suzuki Baleno diproduksi di India oleh Maruti Suzuki. Pada akhir 2020, Suzuki S Presso juga mencetak nol bintang. Setelah lima tahun sejak Global NCAP menguji beberapa mobil buatan India banyak di antaranya yang gagal soal urusan keselamatan.

Pada saat itu, Suzuki Eeco dan Suzuki Celerio dari Maruti Suzuki sama-sama tidak mendapat bintang. Suzuki Baleno spek Latin, bagaimanapun, dilengkapi airbag ganda sebagai standar tetapi masih memberikan peringkat yang buruk. Ini mencatat skor 20 persen untuk perlindungan orang dewasa, tetapi perlindungan anak bahkan lebih buruk, hanya 17 persen.

Ilustrasi Toyota Yaris (Shutterstock).
Toyota Yaris (Shutterstock).

Menurut NCAP Latin, perlindungan yang ditawarkan kepada bagian kepala dan leher cukup bagus. Namun lutut pengemudi dan satu penumpang menunjukkan perlindungan yang buruk.

Baca Juga: Suzuki Hadirkan 2 Motor Sport Baru Sekaligus untuk Jegal Kawasaki Ninja 250

Perlindungan benturan samping Baleno sangat buruk, dengan dada penumpang dibiarkan tidak terlindungi.

Tes lain, seperti benturan tiang samping, tidak dilakukan karena mobil tidak dilengkapi pelindung kepala samping sebagai standar, sementara skor perlindungan whiplash juga mengecewakan karena kurangnya prasyarat benturan belakang.

Akan tetapi, Baleno tidak sendirian. Toyota Yaris yang diproduksi di Brasil dan Thailand hanya dianugerahi satu bintang dari lima bintang.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *