Review dan Sinopsis Godzilla: King of the Monsters (2019)

Mendengar kata Godzilla tentu akan mengingatkanmu pada sosok monster raksasa mengerikan yang mampu menghancurkan apa pun. Jika satu sosok monster seperti Godzilla saja sudah mampu memberikan kekacauan di bumi, bagaimana jadinya jika monster-monster lain sejenis Godzilla turut bangkit di berbagai belahan dunia?

Kengerian inilah yang bisa disaksikan dalam film Godzilla: King of the Monsters yang akan mengisahkan mengenai pertempuran para monster yang disebut titan ini. Berikut review dan sinopsisnya!

Baca juga: 11 Film Tentang Monster Laut

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Sci-fi, Action
  • Produksi: Legendary Pictures, Warner Bros Pictures
  • Sutradara: Michael Dougherty
  • Pemeran: Kyle Chandler, Vera Farmiga, Millie Bobby Brown, Zhang Ziyi

Film Godzilla: King of the Monsters yang berdurasi 132 menit ini mengambil setting waktu lima tahun setelah peristiwa di film pertamanya, Godzilla. Dokter Emma Russell dan anaknya, Madison kini tinggal di markas Monarch dan tengah mengembangkan alat bernama ORCA. ORCA menjadi alat untuk memanggil titan dan mengendalikan mereka.

Saat salah satu titan yang bernama Mothra terbangun, Emma dan Madison diculik oleh Jonah. Sementara Mothra kabur, Emma dan Madison dibawa ke markas Monarch lainnya yang berada di Antartika yang merupakan tempat tinggal Monster Zero atau Godjirah. Dengan ORCA, Emma pun membangunkan Godjirah.

Sementara itu, Monarch yang mengira jika Emma diculik mencari Nick, mantan suami Emma yang juga mantan anggota Monarch. Di markas mereka, Nick bersama tim Monarch yang lain, Dokter Serizawa, Dokter Chen, dan para ilmuwan lain melihat Godzilla bangkit dari tidurnya dan merespon panggilan yang ternyata dari Godjirah. Mereka pun pergi ke antartika untuk menyelamatkan Emma.

Namun Emma rupanya bukanlah diculik, melainkan tengah bekerja sama dengan Jonah untuk membangunkan para titan menggunakan ORCA. Emma beranggapan jika keseimbangan dunia akan kembali seperti masa lalu jika para titan kembali berkuasa. Apa yang dilakukan Emma ditambah lagi dengan kebangkitan Godjirah memicu bangkitnya para titan lain.

Godzilla yang diyakini Serizawa dan tim Monarch lain sebagai raja titan yang menguasai bumi pun mencoba melawan Godjirah. Pada pertarungan pertama mereka, para militer menembakkan sebuah roket penghancur oksigen dengan tujuan untuk membunuh keduanya. Namun Godjirah yang terlalu kuat rupanya tak terpengaruh, sementara Godzilla menghilang di bawah lautan.

Godjirah terus membuat kekacauan di bumi dan memanggil titan lain untuk bangkit. Nick, Serizawa, Chen, dan tim Monarch lain berpikir bahwa satu-satunya cara mengalahkan Monster Zero adalah dengan membangkitkan Godzilla. Demi membangkitkan Godzilla, Serizawa pun mengorbankan dirinya untuk masuk ke dasar lautan dan menembakkan pemicu ledakan.

Pengorbanan Serizawa yang akhirnya harus tewas di dasar lautan tak sia-sia. Godzilla berhasil bangkit dan kembali melawan Godjirah. Ia juga dibantu oleh Mothra yang kini telah berevolusi. Sementara itu, Madison yang merasa jika ibunya melakukan hal yang salah berusaha kabur dan mencuri ORCA.

Nick yang telah bertemu Emma mencari Madison ke tempat pertarungan para titan tersebut. Setelah Madison ditemukan, Nick meminta helikopter Monarch untuk menjemput mereka. Sementara Godzilla yang nyaris kalah dari Godjirah dan harus memulihkan kekuatannya. Emma yang merasa bertanggung jawab akhirnya mengorbankan dirinya.

Emma memilih untuk tidak ikut naik helikopter. Ia seorang diri membawa dan menghidupkan ORCA untuk mengalihkan perhatian Godjirah. Emma berhasil mengulur waktu hingga Godzilla kembali mendapat kekuatannya. Emma pun tewas, namun Godzilla akhirnya bisa mengalahkan Godjirah dan membuat semua titan berada di bawah kendalinya.

Pada credit scene film ini, diceritakan jika kebangkitan Godzilla mampu membuat para titan lain terkendali. Mereka pun bisa hidup berdampingan dengan para manusia. Para titan juga memberi banyak dampak positif pada keseimbangan alam dan kehidupan manusia.

Alur dan Visual Menegangkan dari Pertarungan Monster

Alur dan Visual Menegangkan dari Pertarungan Monster

Sebagai film yang mengangkat tema mengenai pertarungan monster, film Godzilla: The King of the Monsters cukup memberikan alur cerita yang menegangkan di sepanjang ceritanya. Jika satu monster saja sudah cukup memberikan nuansa mengerikan, bayangkan dengan film ini yang memiliki lebih dari dua monster dalam cerita filmnya.

Ketegangan ini juga terasa dengan berbagai aspek pendukungnya, mulai dari aspek sinematografi hingga tata suara dari film ini. Sinematografi film ini banyak memperlihatkan visual-visual yang kelam seperti dalam adegan pertarungan titan atau pun saat menggambarkan kekacauan yang terjadi di bumi. Belum lagi dengan suara raungan para monster di sepanjang film ini.

Visual dari film Godzilla: King of the Monsters juga semakin terasa menegangkan dengan efek dan teknologi CGI yang digunakan untuk memperlihatkan adegan pertarungan para monster. Efek CGI untuk memperlihatkan Godzilla, Godjirah, dan para titan lainnya dibuat dengan begitu detail hingga memberi kesan mengerikan.

Karakter yang Berpusat pada Para Titan

Karakter yang Berpusat pada Para Titan

Film ini tampaknya memang memusatkan karakter utamanya pada para titan, bukan pada tokoh-tokoh manusianya. Para tokoh manusia seperti ilmuwan Monarch terasa hanya menjadi karakter pendukung, sementara karakter utama film ini tertuju pada Godzilla yang menjadi raja monster dan diandalkan untuk mengalahkan Godjirah.

Baca juga:

Seperti yang sudah dibahas, di film ini kita tidak hanya akan melihat satu monster saja, melainkan banyak para titan dengan karakteristik dan kekuatannya masing-masing. Selain Godzilla, ada Monster Zero atau Godjirah yang berbentuk seperti naga dan memiliki tiga kepala, Rodan si burung api, atau Mothra si ratu monster yang tampak cantik dan anggun.

Bagi para penggemar film-film bertema monster, berbagai karakter yang ada di film Godzilla: King of the Monster ini akan membuatmu puas. Di sepanjang film, para karakter titan ini akan mendominasi jalannya cerita dan memberikanmu tontonan pertarungan monster yang menegangkan.

Menjadi Salah Satu Rangkaian Film Monsterverse

Menjadi Salah Satu Rangkaian Film Monsterverse

Film Godzilla: King of the Monsters yang rilis pada tahun 2019 ini merupakan film ketiga dari sebuah universe bernama Monsterverse buatan Legendary Pictures. Film pertama di urutan Monsterverse adalah Godzilla, dan film kedua adalah film Kong: Skull Island.

Apabila kamu belum menonton film pertama, mungkin kamu akan sedikit kebingungan saat menonton awal film ini. Jadi, akan lebih baik jika kamu telah menonton sekuel sebelumnya yang berjudul Godzilla dan dirilis pada tahun 2017. Pada film pertama tersebut, kamu bisa melihat bagaimana kisah saat Emma dan Nick kehilangan putranya, Andrew akibat pertarungan monster.

Sekuel tersebut akan berkesinambungan dengan awal cerita pada film Godzilla: King of the Monsters ini dan menjadi jawaban mengapa Emma ingin menyelesaikan proyek ORCA.

Setelah selesai menonton film ini, kamu juga bisa lanjut untuk menonton sekuel selanjutnya dari Monsterverse ini dengan menonton Godzilla vs Kong yang akan kembali menampilkan pertarungan seru pada monster.

Itulah review dan sinopsis dari film Godzilla: King of the Monsters yang akan membawamu pada pengalaman menegangkan saat melihat para monster raksasa bertarung. Jadi, manakah titan favoritmu di film ini? Ceritakan di kolom komentar ya!

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *