Mantan Presiden Korsel Roh Tae-woo Meninggal di Usia 88 Tahun

Seoul: Mantan Presiden Korea Selatan (Korsel) Roh Tae-woo, yang berperan penting dalam menghancurkan Pemberontakan Gwangju dengan mengorbankan ratusan nyawa, meninggal karena sebab alami pada Selasa 26 Oktober 2021. Roh wafat dalam usia 88 tahun.
 
“Roh menarik diri dari pandangan publik sekitar 20 tahun lalu setelah didiagnosis kanker prostat, dan dirawat di Rumah Sakit Universitas Nasional Seoul,” kantor berita Yonhap melaporkan, seperti dikutip AFP.
 
Dia terpilih untuk menjabat sebagai presiden 1988-1993, menggantikan teman lamanya dan diktator Chun Doo-hwan yang mengambil alih kekuasaan dalam kudeta militer dengan Roh pada 1979.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Kemenangan Roh dalam jajak pendapat 1987 -,hasil dari oposisi yang terpecah,- menghancurkan harapan banyak aktivis demokrasi dan liberal. Banyak pihak yang melihat pelantikannya hanya menandai perpanjangan dari rezim yang ada.
 
Di kantor, Roh memimpin Olimpiade Musim Panas Seoul 1988 dan menjalin hubungan diplomatik dengan blok Komunis, yang telah lama bersekutu dengan Pyongyang.
 
Dia digantikan oleh mantan aktivis demokrasi Kim Young-sam, yang bertekad untuk membawa dia dan Chun ke pengadilan.
 
Kedua mantan presiden itu dihukum karena pengkhianatan pada tahun 1996.
 
Roh awalnya dijatuhi hukuman 22,5 tahun penjara sementara Chun dijatuhi hukuman mati. Namun keduanya diberi pengampunan presiden dan dibebaskan pada tahun berikutnya.
 
Kematiannya mengikuti hampir dua dekade kesehatan yang buruk, termasuk penyakit lain serta kanker.

 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *