Sinopsis & Review House of Secret: The Burari Deaths (2021)

Sebuah tragedi yang menggemparkan India terjadi pada tahun 2018, hal inilah yang mendasari film dokumenter dari Netflix. House of Secret: The Burari Deaths (2021), kematian tragis 11 anggota keluarga yang diduga melakukan bunuh diri masal di rumahnya. Kasus ini memang sangat misterius, karena barang bukti yang ada sangat minim, polisi hanya berpedoman pada satu barang bukti konkret saja.

Dokumenter House of Secret: The Burari Deaths (2021) memang memberikan rasa mencekam yang luar biasa. Pasalnya kasus ini bukan hanya mencari tahu kemungkinan tindak kriminal, ada unsur agama, mistis dan kesehatan mental. Bahkan kasus kematian tiga generasi dari satu keluarga ini sulit untuk diklasifikasikan, apakah sebuah pembunuhan, bunuh diri atau kecelakaan.

Lalu siapa dan bagaimana tragedi yang ada dalam House of Secrets: The Burari Death (2021) terjadi? Jawabannya bisa kamu dapatkan di bawah ini. 

Baca juga: Film yang Mirip dengan House of Secrets: The Burari Death (2021)

Sinopsis

Sinopsis

Tanggal 1 Juli 2018, para tetangga dan pelanggan toko keluarga Chundawat merasa keanehan, kenapa toko masih belum buka? Hari itu tetangga dekat dan beberapa orang mendatangi kediaman Chundawat, bahkan pintu rumah mereka tidak terkunci. Betapa terkejutnya mereka saat melihat 11 anggota keluarga meregang nyawa dengan cara tergantung bersamaan.

Devi (80), Putranya Bhuvnes (50), Lalit (45), menantu Savita (48), Tina (42), putrinya Pratibha (57) dan cucu Priyanka (33), Nitu (24), Mnu (23), Dhruv (15) dan Shivam (14). Ditemukan tergantung dengan  dengan kain sari berwarna warni dengan keadaan mata ditutup, tangan serta kakinya terikat. 10 orang tergantung di kisi-kisi besi di langit-langit, 1 korban ditemukan di kamar dalam keadaan telungkup di sisi ranjang.

Kasus yang menggemparkan Burari ini langsung tersebar dengan sangat cepat, apalagi setelah video amatir suasana di dalam rumah tersebar. Kini kediaman keluarga Chundawat sudah di kerubungi lautan manusia, tidak hanya masyarakat setempat tapi polisi dan media massa juga ikut membanjiri tempat itu. Anggota keluarga terdekat berdatangan, mereka histeris dan tidak percaya dengan apa yang terjadi.

Kepolisian yang di telpon sesaat setelah penemuan mayat, tercengang dengan pemandangan di depannya. “bahkan di film sekalipun, tidak ada satu orang yang pernah melihat TKP seperti ini dalam hidupnya”, inilah yang di ucapkan oleh Inspektur Manoj Kapur. Pemandangan di TKP mengingatkan mereka pada ranting pohon beringin, saat semua tergantung di kisi-kisi besi langit-langit.

Polisi diburu dengan waktu dan tekanan, karena kini kasus Burari telah menjadi kasus yang menggemparkan negara. Para reporter memberitakan kasus ini dengan cara sensasional, demi memenuhi rasa haus penonton dan keuntungan mereka. Berita yang muncul menggiring banyak opini, mereka mengatakan ini pembunuhan, praktek okultisme dan lainnya.

Polisi masih bergelut dengan TKP, mereka mencari bukti dengan sangat teliti dan tidak ingin melewatkan apapun. Mayat dibawa dengan sangat hati-hati, untuk kepentingan forensik namun tidak ada tanda-tanda kekerasan. Tanda tanya mulai terbongkar ketika mereka menemukan bekar pemujaan di malam hari dan buku diari yang menjadi kunci utama.

Hingga satu nama muncul, Lalit Chundawat pria yang dicurigai sebagai mastermind dari apa yang terjadi. Lalit bukan orang luar, pria ini adalah anak bungsu, kepala keluarga dan salah satu korban dari tragedi keluarga Chundawat. Lalit bukan pria biasa, meski anak bungsu pria ini dikenal sangat dewasa dan bijaksana. Ia memimpin keluarga untuk tetap harmonis, semua tetangga dan kerabat sangat iri dengan keluarga ini. 

Namun benarkan Lalit yang memimpin semua ini? Tiga generasi keluarga Bhatia tinggal dalam satu atap, mereka berada di puncak sebagai keluarga berpendidikan dan berpengaruh. 11 buku harian yang ditulis menunjukkan kehidupan keluarga ini selama 11 tahun, setelah sepeninggal ayah mereka di bawah pimpinan Lalit.

Mungkinkan satu pria yang dianggap kepala keluarga bisa mempengaruhi pemikiran 10 orang yang ada dalam keluarga. Padahal mereka orang-orang berpendidikan tinggi dan modern, apakah mungkin Lalit dalang dibalik hal ini? lalu apa yang mendorongnya dan apa yang ingin dicapainya dari aksi gantung diri bersama-sama ini?

Investigasi Dalam tapi Tidak Menjawab

House Of Secret: The Burari Deaths, Investigasi Dalam Tapi Tidak Menjawab

Untuk kesekian kalinya saya merasa terkesan dengan dokumenter dengan genre true crime dari Netflix. Kali ini kasus yang mereka angkat yaitu tragedi yang terjadi di India pada tahun 2018, dimana tiga generasi di temukan gantung diri. Siapa yang tidak shock dengan hal ini? saya pun kaget saat mengetahui bahwa korbannya ada 11 orang.

Saya menyukai bagaimana sutradara Leena Yadav dan Anubhav Chopra menyusun plot dengan sangat rapi. Memang tipikal dokumenter Netflix, mengungkap kasus yang terjadi, menggiring opini dengan fakta-fakta yang tersaji, di akhir memberikan plot twist dengan penjelasan konkret. Begitu pula dengan dokumenter ini, sejak awal memang terasa sangat mustahil bahwa ini adalah bunuh diri massal.

Kedua sutradara berhasil membuat perasaan penonton terobok-obok dengan berbagai kemungkinan. Fakta yang disajikan dengan keadaan chaos, salah satu keuntungan yang diambil untuk membuat alur emosional dan roller coaster. Tentu membenturkan tragedi mengenaskan, isu pembunuhan hingga hal mistis yang menyangkut ritual keagaman dan terakhir gangguan psikologi.

Baca juga:

House of Secret: The Burari Deaths (2021) memang bikin penasaran dan membuat penonton tercengang. Bagaimana mereka bisa memiliki pemikiran seperti itu, bahkan fakta kejadian ini sudah di tuliskan secara detail di diari keluarga. Bagi saya sendiri benar-benar jadi plot twist yang bikin mind blowing, bahkan teori soal 11 pipa yang disebut “Pipe, Planing, Pattern” dengan Badh Pooja yang jadi praktek okultisme melenceng.

Banyak teori-teori yang benar-benar interesting, apalagi yang berbau mistis tidak akan bisa ditemukan di banyak kasus. Salah satu kasus yang mengaitkan tragedi, kejahatan dan ritual keagamaan yang terbaik, menurut saya ada di kasus keluarga Chundawat. Meski begitu, setiap bukti yang ada tidak menunjukkan jawaban pasti, karena tidak ada bukti mendukung dan menguatkan secara konkret.

Daddy Visit, Sebuah Kejahatan Terencana atau Delusi?

Daddy Visit, Sebuah Kejahatan Terencana atau Delusi

Diari yang di tulisakan sejak tahun 2007 ini mengungkapkan bagaimana keluarga Chundawat melewati kehidupan mereka. Hal yang diyakini dari penemuan diari ini, mereka yakin bahwa semua orang mematuhi segalanya yang ada di buku itu. Kenapa mereka bisa patuh? Jawabannya karena mereka percaya ayah mereka tetap memimpin mereka.

Siapa ayah yang di maksud? Pria itu adalah Bhopal Singh adalah suami dari Narayani Devi yang patriarki dan berpengaruh. Pria ini memang sosok yang hebat, namun kematiannya membuat perubahan besar di keluarga itu. Setelah itu secara tiba-tiba Lalit mengambil alih posisi kepala keluarga, yang ternyata ada hal mistis dibalik pengambilan kekuasaan ini.

Ditulis dalam diari bahwa Bhopal Singh hadir melalui mimpi dan merasuki putra bungsunya untuk berkomunikasi dengan keluarga. Bagaimana seluruh keluarga bisa percaya? Well keluarga Chundawat memang modern dan berpendidikan, tapi mereka sangat religius. Lalit menjadi medium untuk ayahnya, suaranya berubah dan bertingkah seperti mendiang ayahnya.

Saya sempat berpikir kenapa hal ini menjadi kunci utama? Kenapa tidak ada satu anggota keluarga yang berpikir ini adalah delusi. Apalagi dikuatkan dengan masa lalu Lalit yang sempat memiliki trauma pasca kecelakaan dan trauma percobaan pembunuhan. Tapi instruksi yang dikatakan sebagai kehendak ayah mereka memang sangat lantang, seperti tidak bisa di bangkang.

Satu nama yang paling berpengaruh, Lalit yang akan menerima segala konsekuensi dan yang harus dipatuhi. Pengakuan dari Deputi Komisioner Kepolisian Burari Dr. Joy N Tirkey yang membaca 11 diari tersebut. Ia mengatakan “Bahasanya instruksional, terkadang memarahi dan terlihat seperti sebuah percakapan. Tidak masuk akal, namun semuanya tercatat dengan sempurna dalam diari keluarga Chundawat.

Jika dilihat secara seksama, semuanya to good to be true karena sangat rapi dan tidak ada celah. Saya berpikir mungkinkan kegilaan dari Lalit, ingin membuat seluruh keluarganya musnah? Jika ingin berpikiran sempit saya pikir ini delusi Lalit yang terencana, namun mengakibatkan hal fatal. Meski saya sendiri tidak yakini, sebenarnya apa motif sesungguhnya dari Badh Pooja yang dilakukan.

Inilah Keadaan Burari Pasca Tragedi Menyeramkan Ini

Inilah Keadaan Burari Pasca Tragedi Menyeramkan Ini

Pasca kejadian mengenaskan ini, keadaan Burari menjadi tidak karuan dan bisa dikatakan cukup mengenaskan. Pasalnya setelah kasus kematian keluarga Chundawat di tutup, daerah itu seakan mati dan tidak hidup. Tidak ada keramaian lagi, semua toko memilih untuk tutup dan beberapa keluarga memilih untuk pindah.

Sementara anggota keluarga Chundawat yang selamat, merek memutuskan untuk pindah ke Rajasthan. Dikutip dari Indivia, banyak rumor yang mengatakan bahwa properti yang luas itu kini di hantui. Makannya harga sewa untuk properti ini menjadi sangat mahal, meski begitu ada dua keluarga yang tinggal di sana.

Meski desas desus rasa horor masih ada hingga sekarang, nyatanya kediaman Chundawat tetap laku untuk di sewakan. Bahkan label “rumah horor” ini di tepis oleh para penyewa baru, mereka mengatakan bahwa rumah itu bagus dan sangat luas. Kini rumah dua lantai ini dihuni oleh keluarga Kashyap yang tinggal di lantai dasar.

Sementara untuk lantai pertama dan keduanya ditinggali oleh keluarga Alis, pria ini sudah menempati properti sejak tahun 2018. Pria ini awalnya merawat properti bekas peninggalan keluarga Chundawat, yang kini sudah menjadi tempat tinggal tetapnya. Mereka percaya lambat laun, orang-orang akan kembali datang ke sana dan beraktivitas seperti biasa lagi.

Inilah review saya setelah menonton dokumenter House of Secret: The Burari Deaths yang sangat memilukan. Bagaimanapun juga saya merasa kasihan dengan 11 anggota keluarga yang menjadi korban, karena sepertinya mereka kehilangan nyawa tanpa mereka sadari. Bahkan untuk Lalit sendiri, saya merasa kasihan padanya atas segala masa lalu kelamnya.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *