Sinopsis & Review Pretty Guardian Sailor Moon Eternal (2021)

Kabar gembira bagi pecinta series manga Sailor Moon karya Naoko Takeuchi, tanggal 3 Juni 2021 ini Netflix akan menayangkan kisah seru manga ini dalam bentuk movie.

Film ini mempunyai kisah seru yang lebih segar dan menantang. Alur mengisahkan Usagi dan kesembilan sailor guardian menghadapi tantangan baru yang lebih seru dan serangan yang lebih berbahaya dari musuh-musuhnya.

Dalam film ini, Usagi dan kawan-kawan berhadapan dengan kelompok Dead Moon Circus yang menebar teror berupa mimpi buruk pada manusia.

Tantangan yang harus dihadapi oleh Usagi dan lain-lain tidak hanya datang dari kelompok musuh berbahaya tersebut, pimpinan kelompok itu, Ratu Nehelenia (Nanao) mengganggu kedamaian manusia dengan kekuatan jahatnya. Berikut sinopsisnya.

Sinopsis

Sinopsis & Review Pretty Guardian Sailor Moon Eternal (2021) 1
  • Tahun Rilis:  Januari 2021
  • Genre: Demons, Magic, Romance, Shoujo
  • Produkis: Toei Animation, Studio Deen
  • Sutradara: Chiaki Kon
  • Karakter: Tsukino Usagi, Hino Rei, Kino Makoto, Aino Minako, Mizuno Ami,
  • Pengisi Suara: Mitsuishi Kotono, Satou Rina, Koshimizu Ami, Itou Shizuka, Kanemoto Hisako

Pretty Guardian Sailor Moon Eternal adalah karya besar sutradara Chiaki Kon yang juga menggarap The Way of The Househusband dan Nodame Cantabile: Paris Edition & Finale. Kisah dalam film ini berlatar mimpi yang diambil berdasarkan “Dream Arc” dari serial asli manga-nya.

Alur cerita dalam film ini adalah canon dalam serial manga-nya, ini berarti ceritanya bukanlah cerita filler atau cerita tambahan semata. Chiaki Kon menyoroti perjalanan kehidupan para sailor guardian sebagai gadis remaja yang merangkap penjaga kedamaian bumi.

Latar dalam film bagian ini mengambil titik waktu di tahun 1990 bulan April saat bunga sakura mulai berbunga dan menghiasi kota Tokyo sehingga suasana kota menjadi meriah dan indah. Chibiusa yang muncul dari masa depan dikisahkan tinggal dengan Usagi.

Saat itu bertepatan dengan perayaan gerhana matahari total terbesar yang terjadi di abad ini. Usagi dan teman-temannya sedang menyaksikan gerhana matahari total tersebut.

Saat matahari tertutupi bulan dan secara bertahap cahayanya meredup, Usagi dan Chibiusa bertemu dengan Helios si kuda terbang Pegasus yang tengah mencari seorang gadis pilihan yang mampu melepaskan segel kristal emas.

Kuda terbang yang hanya dilihat oleh mereka bertiga itu menyampaikan kabar tentang adanya ancaman yang akan merusak kedamaian bumi.

Benar saja. Tidak lama dari itu Dead Moon Circus muncul di tengah kota Juban dan membuat keributan dengan melancarkan rencana jahatnya. Mereka ingin menebar inkarnasi mimpi buruk (Lemures) untuk mendapatkan kristal perak legendaris dan menguasai bulan, bumi serta seluruh alam semesta.

Di sisi lain, Chibiusa mulai merasa tertarik pada Pegasus si kuda terbang, sementara itu Mamoru Chiba berusaha menjauh dari Usagi sebab ia takut dirinya akan membahayakan keselamatan Usagi.

Saat itu Mamoru Chiba mengalami sakit aneh yang menyebabkan dirinya semakin melemah dan tidak bisa lagi berubah menjadi Tuxedo Bertopeng.

kelompok Dead Moon Circus yang dipimpin oleh Ratu Nehelenia dengan empat anak buahnya tak henti menebar terror mengerikan. Ia dengan mudahnya mengubah hewan-hewan menjadi binatang sirkus dan mengganggu para sailor guardian.

Para sailor guardian menghadapi musuh yang licik dalam anime movie ini. Pasalnya anak buah Ratu Nehelenia, kelompok Dead Moon Circus, menyerang mereka secara psikologi. Hal itu membuat tantangan mereka menjadi ganda. Ini semakin sulit sebab para sailor guardian harus berjuang secara fisik dan berusaha mempertahankan kestabilan emosi mereka.

Menjadi Sekuel dari Sailor Moon Crystal

Sailor Moon Crystal_

Pretty Guardian Sailor Moon Eternal adalah lanjutan dari kisah para sailor guardian dalam serial Sailor Moon Crystal yang dirilis tahun 2014 yang lalu. Kisah yang digarap oleh Munehisa Sakai itu berfokus pada perjalanan Usagi yang berusaha keras menjadi sailor guardian yang sukses

Baca juga:

Menariknya, episode perdana film Sailor Moon Crystal yang dirilis tanggal 30 juni 2014 tersebut bertepatan dengan hari ulang tahun Usagi.

Alur Cerita yang Dibagi Dua

Sinopsis & Review Pretty Guardian Sailor Moon Eternal (2021) 4

Anime movie dari manga Sailor Moon ini dibagi menjadi dua bagian film yang dirilis bersamaan yang masing-masing berdurasi 1 jam 20 menit. Perilisan ini mengingatkan kita akan perilisan Sailor Moon SuperS. 

Kisah pada bagian pertama Pretty Guardian Sailor Moon Eternal berfokus pada kemunculan Dead Moon circus yang mengancam bumi. Di dalam kisah tersebut diceritakan Mamoru terkena penyakit dan tidak bisa membantu Usagi dan Chibiusa melawan musuh jahat tersebut.

Para sailor guardian pun harus berjuang menghadapi musuh-musuhnya. Beruntung, mereka dibantu oleh Helios si kuda terbang Pegasus yang memberikan petunjuk. Uniknya ia bisa berubah wujud menjadi manusia.

Selain Makoto, Ami sang Sailor Jupiter, Rei Hino sang Sailor juga ikut menghadapi situasi dan gangguan yang sulit. Ia terjebak di rumah kaca yang di dalamnya ada labirin dengan banyak cermin yang merupakan sebuah jebakan ilusi yang dibuat oleh siluman harimau.

Ai Minako yang berusaha menyelamatkan anak-anak yang disekap Dead Moon circus menghadapi kesulitan tatkala masuk ke taman hiburan yang berbentuk hutan. Ia mendapat perlawanan dari Amazon Quartet, anak buah Ratu Nehelenia.

Sementara itu, di bagian kedua, kisah beralih fokus pada Sailor Pluto, Neptunus dan Uranus yang menjaga Sailor Saturn yang kala itu berwujud bayi. Namun, karena kemunculan Dead Moon Circus, bayi Sailor Saturn berubah menjadi dewasa dalam tempo singkat.

Mereka kini bisa membantu Usagi dan para sailor guardian melawan Dead Moon Circus dan Ratu Nehelenia. Adegan pertarungan dan aksi seru dari para sailor guardian ini menarik untuk diikuti.

Baca juga: 10 Anime Jadul Tahun 90-an yang Berkesan di Hati Penonton

Comeback Setelah 25 Tahun Vakum

Sinopsis & Review Pretty Guardian Sailor Moon Eternal (2021) 6

Anime movie garapan sutradara Chaiki Kon ini adalah film pertama yang menandai comeback-nya Sailor Moon setelah 25 tahun. Sebelumnya, di tahun 1996, Toei Animation merilis Sailor Moon SuperS dan film pendek yang berdurasi 16 menit.

Perilisan anime movie ini menjadi pengobat rindu pada pecinta anime era 90-an yang merindukan kejayaan Sailor Moon yang telah lama mati suri. Apalagi kisah dan pertarungan para sailor guardian menjadi semakin seru.

Kotono Mitsuishi Tetap Dipercaya untuk Mengisi Suara Usagi Tsukino

Sinopsis & Review Pretty Guardian Sailor Moon Eternal (2021) 8

Kotono Mitsuishi adalah seorang penyanyi yang berasal dari Saitama. Namun, ia tertarik pada dunia dubbing dan mulai menggeluti bidang ini dengan serius sejak tahun 1989. Ia mulai bergabung dengan Toei Animation sebagai pengisi suara karakter Usagi Tsukino mulai tahun 1992.

Suaranya tersebut sudah lekat dengan karakter Usagi. Citra Usagi dengan suara khasnya itu tidak diubah. Oleh karenanya penyanyi bersuara merdu tersebut kembali ditunjuk untuk mengisi suara Usagi sebagai karakter utama dalam sailor Moon. Rasanya ia memang sulit tergantikan.

Nah, itulah sinopsis dan review singkat dari anime movie yang belum lama dirilis ini. Kamu bisa menyaksikan petualangan seru Usagi dan para sailor guardian cantik menjaga kedamaian bumi. Oh, ya, dalam film ini kisah romantis antara Usagi dan Chibiusa lebih disoroti.

Hayo siapa yang nge-ship dua karakter anime ini? Pastinya film ini tidak boleh kamu lewatkan. Apalagi bagi kamu yang sudah lama menantikan film lanjutkan Sailor Moon ini.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *