Asosiasi Dukung Jokowi Tindak Tegas Pinjol Ilegal

Jakarta: Ketua Umum Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), Adrian Gunadi, mendukung langkah Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang ingin menindak tegas pinjaman online(pinjol) ilegal. Mereka telah merugikan masyarakat.
 
“AFPI mengapresiasi setinggi-tingginya atas langkah penindakan terhadap pinjol ilegal,” ujarnya dilansir dari Media Indonesia, Sabtu, 16 Oktober 2021.
 
Langkah ini diharapkan akan menciptakan rasa tenang bagi masyarakat. Selama ini, masyarakat mendapat bunga tinggi, mengalami penagihan kasar, dan tidak beretika serta diakses dan disalahgunakan data pribadinya oleh para pinjol illegal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Selanjutnya, sebagai wujud dukungan dalam pemberantasan pinjol ilegal, AFPI telah memberhentikan keanggotaan PT. Indo Tekno Nusantara sebagai anggota pendukung (member associate) kategori agen penagihan per 15 Oktober 2021. Ini dikarenakan perusahaan tersebut melayani penagihan pinjol ilegal.
 
Baca: Masyarakat Dukung Langkah Jokowi Moratorium Izin Pinjol
 
Adrian menjelaskan anggota yang berada di bawah naungan AFPI terdiri dari 106 perusahaan penyelenggara Fintech Pendanaan Bersama dan 43 anggota pendukung ekosistem Fintech. DI antaranya termasuk perusahaan penyedia jasa penagihan.
 
“Dengan ditemukannya kasus pada PT Indo Tekno Nusantara tersebut, AFPI akan lebih intens meninjau kembali rekanan para anggotanya terutama yang memiliki afiliasi dengan pinjol illegal,” jelas Adrian.
 
AFPI akan mengambil langkah tegas dalam menerapkan sanksi. Menurut data AFPI sepanjang tahun ini, ditemukan 3.747 pengaduan masyarakat atas pinjol illegal, sebagian besar jenis pengaduan adalah kasus penagihan yang tidak beretika.
 
AFPI menilai masih maraknya pinjol illegal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti, kemudahan dalam membuat aplikasi atau situs dan literasi yang rendah dari masyarakat dalam mengakses layanan keuangan. Kemudian, minim pengecekan legalitas, mudah tergiur pinjaman cepat dan bernilai besar.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *