Wajib Tahu! Orang Tua Harus Lakukan Ini untuk Kesehatan Mental Anak pada Masa Golden Age

Jakarta: Orang tua dinilai punya peranan penting dalam perkembangan anaknya. Terutama dalam memperhatikan perkembangan mental anaknya ketika berada dalam usia di bawah lima tahun alias balita.

Menurut psikolog Indonesia, Joice Manurung perkembangan mental anak balita dipengaruhi oleh kondisi mental orang tuanya sendiri. Hal itu setidaknya disampaikan Joice dalam program Selamat Pagi indonesia Metro TV, Rabu, 13 Oktober 2021.

“Anak belajar secara visual, dari apa yang mereka lihat dari orang tuanya,” ujar Joice.

Itu artinya, proses belajar menuju kondisi kestabilan mental tidak hanya dilakukan oleh anak. Tetapi juga harus dipelajari orang tua. Pembelajaran ini dapat dibangun melalui buku atau kelas-kelas parenting.

“Orang tua harus banyak belajar, bisa jadi parenting, bisa dari buku dll. Orang tua mesti bersedia adaptasi dengan pola yang baru,” lanjutnya.

Bukan hanya orang tua. Perkembangan mental anak juga harus menjadi perhatian pihak sekolah. Khususnya untuk kelas taman kanak-kanak atau PAUD. Idealnya, setiap sekolah mengadakan sesi parenting dan konseling untuk orang tuanya. 

“Jadi kalau di sekolah saya, itu fokus pembentukkan mental dibanding belajar. Kami mewajibkan orang tua untuk wajib ikut parenting. Jadi, bukan hanya anak, tapi orang tua juga sekolah,” timpal edukator parenting, Edy Wiyono. (Mentari Puspadini)
(PAT)

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *