Pria 22 Tahun Ditangkap Usai Berencana Bunuh PM Belanda

Den Haag: Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte diancam dibunuh. Pihak berwenang di Belanda mengatakan bahwa seorang pria berusia 22 tahun menghadapi tuduhan merencanakan pembunuhan itu.
 
Pria itu, yang diidentifikasi dalam laporan lokal sebagai Yuvuz O, dijadwalkan muncul di pengadilan minggu depan dengan tuduhan membuat ancaman, hasutan dengan tujuan teroris dan bersiap untuk menyerang satu atau lebih politisi.
 
Pihak berwenang mengatakan pria itu memposting pesan di Telegram yang menanyakan di mana dia bisa menemukan senjata dan orang-orang bersenjata untuk melakukan plot tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Apakah Anda memiliki apa yang diperlukan untuk menembak mereka semua? Dari mobil. Buka jendela. Keluarkan senjata. Dan tembak,” kata salah satu unggahan sosial pria itu, menurut NL Times, seperti dikutip AFP.
 
“Terdakwa mendiskusikan plot dengan orang-orang secara online dan secara langsung,” kata para pejabat Belanda.
 
“Pada satu titik, dia berbicara tentang menyerbu Parlemen Belanda dan menembak (PM) Rutte ketika mencoba melarikan diri,” imbuh keterangan itu.
 
Baca: Diduga akan Lakukan Aksi Teror, Belanda Tangkap 7 Pria
 
Laporan mengatakan bulan lalu bahwa pihak berwenang Belanda telah memberikan keamanan lebih kepada PM Belanda atas kekhawatiran bahwa ada rencana oleh anggota kejahatan terorganisir untuk menculiknya. Para pejabat bergerak ketika tersangka ‘pengadu’ ditemukan di dekat Rutte.
 
Pada April, PM Belanda Mark Rutte selamat dari mosi tidak percaya yang kontroversial menyusul keluhan tentang perilakunya selama pembicaraan untuk membentuk koalisi pemerintahan baru.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *