Motor Bau Sangit dan Suhu Mesin Terlalu Panas? Simak Lima Kemungkinan Penyebabnya

Suara.com – Walau dibekali dengan sederet fitur agar bisa dipakai dalam waktu lama, namun tak ada salahnya untuk mengistirahatkan motor agar kinerjanya tetap prima.

Jika terlalu sering dipaksa, bisa saja motor mengalami overheat (panas berlebihan). Namun jika motor Anda terlalu sering mengalami overheat dan disertai dengan bau sangit, mungkin ada sesuatu yang tak beres.

Dikutip dari situs resmi Suzuki, berikut adalah lima penyebab mesin motor overheat dan bau sangit

Ilustrasi mesin motor. (Suara.com/Cesar Uji Tawakal)
Ilustrasi mesin motor. (Suara.com/Cesar Uji Tawakal)

1. Kebocoran Oli Mesin

Baca Juga: Duh Dipantau Ketat, Tulisan di Helm Ojol Ini Bikin Susah Selingkuh, Pesannya Menggelitik

Salah satu penyebab mesin motor cepat panas dan munculnya bau sangit adalah kebocoran oli mesin yang mengenai bagian luar mesin dengan suhu panas sehingga akan menimbulkan bau sangit terbakar. 

Ada dua penyebab yang menimbulkan kebocoran oli. Pertama adalah bocornya seal oli mesin. Kedua adalah seal oli dipasang dengan cara yang salah. Ketiga, seal oli sudah usang. 

2. Banyaknya Kerak di Ruang Bakar

Apabila ternyata setelah dicek seal oli tidak bermasalah, maka penyebab mesin motor cepat panas dan bau sangit bisa terjadi akibat pembakaran tak sempurna.

Hal ini disebabkan karena komponen bahan bakar beroktan rendah atau karena udara yang masuk kotor bisa menimbulkan kerak. Apabila kerak dalam ruang bakar sudah menumpuk akan membuat pembakaran jadi bermasalah. 

Baca Juga: Penjualan Motor Listrik Gesits Ditargetkan Capai 7.000 Unit

3. Mesin Bekerja Terlalu Lama

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *