Modus Menyumbang Gereja, 4 Pendeta Gadungan di Magelang Ditangkap

Magelang: Tim Sat Reskrim Polres Magelang Kota menangkap empat penipu mengaku pendeta, pada Kamis, 14 Oktober 2021. Para pendeta gadungan itu berdalih akan menyumbang untuk pembangunan gereja
 
Empat tersangka itu berinisial AM, II, SD, dan SS. Mereka memperdaya korban hingga Rp38,6 juta dan telah beraksi di sejumlah daerah. 
 
Wakapolres Magelang Kota Kompol Supriyadi, mengatakan dalam penangkapan tersebut petugas mengamankan empat tersangka dan sejumlah barang bukti. Antara lain uang tunai milik korban dan kartu ATM dari berbagai bank. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“ATM ini ternyata kosong dan beberapa ada yang sudah tidak bisa dipakai,” jelas Supriyadi, di Magelang, Jawa Tengah, Kamis, 14 Oktober 2021.
 
Baca: Anak Nia Daniaty Mangkir dari Panggilan Polisi karena Sakit
 
Supriyadi menjelaskan, modusnya berpura-pura mengaku menjadi pendeta yang akan menyumbang ke gereja dengan meminta tolong korban menitip transfer uang. Korban diberi iming-iming akan mendapat imbalan. Setelah terpedaya, korban memberikan ATM beserta nomer PIN kepada tersangka.
 
“Seusai bertransaksi, kartu ATM milik korban ditukar dengan kartu ATM yang tidak berlaku,” jelasnya. 
 
Atas perbuatannya, keempat tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP. Para tersangka terancam  ancaman pidana kurungan penjara selama empat tahun. (Yuki Pramudya)
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *