[Cek Fakta] Benarkah Makam Mustafa Kemal Ataturk Mengeluarkan Bau Busuk? Ini Faktanya

Beredar kabar yang menyebut makam presiden pertama Turki, Mustafa Kemal Ataturk mengeluarkan bau busuk. Kabar ini berseliweran di berbagai platform media sosial.
 
Akun FacebookDhona Andhikamembagikan kabar ini pada Kamis, 7 Oktober 2021. Akun ini mengunggah lima video tentang kehidupan Mustafa Kemal Ataturk. Pada unggahannya, akun ini menambahkan narasi yang menyebut Mustafa Kemal Attaturk pemimpin Turki yang menentang Islam.
 
Berikut narasi selengkapnya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 
“Kisah pemimpin Turki yg bernama Mustafa Kemal Attaturk
Dia adalah pemimpin yg menentang ajaran Islam
Adzan di turki tidak boleh pakai bahasa Arab, masjid di jadikan museum, hijab di lepaskan, dan lain sebagai nya
Setelah 15 tahun berkuasa akhirnya dia sakaratul maut hingga 6 bulan lama nya baru di nyatakan meninggal
Di kuburkan pun tidak di terima bumi, di kuburkan malah jasad nya mental keluar, di masukkan lagi lalu mental lagi
Sampai akhirnya di timbun dengan batu keramik seberat 44 ton barulah bisa di kubur
Sekarang ada di museum Turki, dan yg berkunjung pun mencium bau busuk yg sangat bau sampai lengket ke langit2 mulut ????
Silahkan lihat video nya di bawah, agar kita semua belajar dan ambil hikmah nya”


[Cek Fakta] Benarkah Makam Mustafa Kemal Ataturk Mengeluarkan Bau Busuk? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuranCek Fakta Medcom.id, klaim bahwa makam presiden pertama Turki, Mustafa Kemal Ataturk mengeluarkan bau busuk adalah salah. Faktanya, tidak ada bukti yang menguatkan klaim tersebut.
 
KanalFaisal Nasutionmengunggah video yang membantah klaim yang beredar. Video tersebut berjudul“Makam Mustafa kemal Attaturk Bau?? | Komplek Makam Mustafa kemal Attaturk.”diunggah pada 15 April 2020.
 
“Kata orang bau kuburannya. Eh tidak bau ya. Karena ini udara terbuka ya. Kita tidak bisa mencium ada bau-bau ya karena udaranya terbuka,” kata perekam video tersebut.
 
Pengakuan serupa juga diungkapkan pengunjung asal Indonesia lainnya, yakni pemilik kanalsetiahadikunto Channelyang mengunggah video berjudul“UNSENSOR NGERI!!!! LIAT MAKAM MUSTOFA KEMAL ATATURK JASAD YANG TIDAK DI TERIMA BUMI.”Di dalam video yang diunggah pada 12 Februari 2021 itu, perekam mengaku tidak mencium bau busuk di areal makam.
 
“Ih katanya bau,” kata seorang pria dalam video.
“Sebenarnya enggak,” timpal perempuan di sampingnya.
 

Baca Juga:[Cek Fakta] Mayat Mustafa Kemal Ataturk Tidak Diterima Bumi karena Menghancurkan Islam Selama Berkuasa? Ini Faktanya
 

Dikutip dariTempo, hal yang sama juga diungkapakan Yan Ainaya Al Choiroh, seorang mahasiswa asal Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di Turki. Yan memastikan tidak ada bau busuk yang keluar dari makam Mustafa Kemal Ataturk.
 
Yan mengaku sudah dua tahun berada Turki. Terakhir kali ia mengunjungi museum makam Mustafa Kemal Ataturk pada 29 Agustus 2021.
 
“Selama berada disekeliling makam saya tidak mencium aroma apapun,” kata Yan kepada Tempo, Rabu, 8 September 2021.
 

Baca Juga:[Cek Fakta] 48 Ribu Orang Dikabarkan Meninggal setelah Menerima Vaksin Covid-19? Begini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa makam presiden pertama Turki, Mustafa Kemal Ataturk mengeluarkan bau busuk adalah salah. Faktanya, tidak ada bukti yang menguatkan klaim tersebut.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenisfabricated content(konten palsu).Fabricated contentterbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Benarkah Makam Mustafa Kemal Ataturk Mengeluarkan Bau Busuk? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=A1mOkr_MpWU
https://www.youtube.com/watch?v=eI0Cq-oHkJ4
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1499/keliru-klaim-makam-mustafa-kemal-ataturk-mengeluarkan-bau-busuk
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *