[Cek Fakta] Benarkah Jokowi Sebut Pendukungnya Bodoh? Ini Faktanya

Beredar sebuah narasi bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku dirinya tidak pintar berbohong tapi pendukungnya yang bodoh. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Muhammad Faraell Faraell yang turut mengunggah foto tangkapan layar sebuah artikel berisi narasi tersebut, 11 Oktober 2021. Berikut narasi selengkapnya:

“Jokowi: Yang pinter ngibul itu bukan saya Tapi pendukung saya yang bodoh.”

Artikel itu dimuat situs Bipang.com pada Selasa 6 Julu 2021 pukul 10.30 WIB. Benarkah demikian?
 

[Cek Fakta] Benarkah Jokowi Sebut Pendukungnya Bodoh? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa Jokowi menyebut pendukungnya bodoh sebagaimana pada artikel itu, tidak berdasar. Faktanya, tidak ditemukan informasi resmi dan valid mengenai hal itu.
Kami mengecek situs Bipang.com. Hasilnya tidak ditemukan situs tersebut berisi artikel. Situs itu masih belum aktif. Berikut penampakannya:
 

[Cek Fakta] Benarkah Jokowi Sebut Pendukungnya Bodoh? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Jokowi menyebut pendukungnya bodoh sebagaimana pada artikel itu, tidak berdasar. Faktanya, tidak ditemukan informasi resmi dan valid mengenai hal itu.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Benarkah Jokowi Sebut Pendukungnya Bodoh? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://bipang.com/
https://www.facebook.com/groups/910612469745798/posts/1069105687229808
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *