Antisipasi Banjir, Dinas Lingkungan Hidup DKI Fokus Kendalikan Sampah

Jakarta: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengantisipasi banjir saat musim hujan. Antisipasi dilakukan melalui penanganan sampah di DKI.
 
Kepala DLH DKI Jakarta Asep Kuswanto menjelaskan pola penangan sampah dibagi menjadi empat mode yaitu, mode normal, mode awas, mode tergenang, dan mode rehabilitasi.
 
Baca: Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Siapkan 1.262 Lokasi Pengungsian

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Mode normal pada awal musim penghujan, mode awas untuk siaga banjir seperti tingginya muka air Katulampa dan tingginya intesitas curah hujan, mode tergenang yaitu ketika tanggap darurat banjir yang ditetapkan statusnya oleh BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan terakhir, mode rehabilitasi pasca terjadinya genangan banjir,” kata Asep, dalam keterangan tertulis, Kamis, 14 Oktober 2021.

Begini antisipasi banjir di Jakarta:

  1. Antisipasi melalui penanganan sampah mode normal di awal musim hujan
  2. Antisipasi melalui penanganan sampah mode awas untuk siaga banjir
  3. Antisipasi melalui penanganan sampah mode tergenang saat darurat banjir
  4. Antisipasi melalui penanganan sampah mode rehabilitasi pascaterjadi genangan air

Selain itu, Asep memastikan pasukan orange dari DLH UPK Badan Air terus bersiaga agar tidak ada sampah yang menyumbat di kali, saluran penghubung, dan pintu air. Pembersihan sampah di sepanjang saluran penghubung, dan pintu air dilakukan secara rutin. 
 
“Terdapat petugas untuk memantau perkembangan situasi di setiap lokasi rawan tumpukan sampah saat terjadi banjir kiriman,” kata Asep.
 
Sejumlah personel pasukan orange disiagakan di titik-titik yang rawan tumpukan sampah. Titik rawan seperti di Pintu Air Manggarai, Jembatan Kampung Melayu, Jembatan Season City, dan lainnya.
 
“Ketika terjadi tumpukan sampah, selain petugas eksisting di ruas tersebut, maka personel dan armada tambahan akan segera bergerak ke lokasi itu. Kita siaga 24 jam,” kata dia.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *