Penambahan Stok Mobil di Level Diler, Astra Antisipasi Relaksasi PPnBM 100 Persen

Suara.com – Berdasar data penjualan mobil Astra, mewakili produk passenger car dan commercial vehicle, yaitu brand Toyota, Daihatsu, Isuzu, UD Trucks, dan Peugeot, PT Astra International Tbk., dicatat perolehan penjualan menggembirakan untuk periode September 2021.

Dari rilis data penjualan September dari Astra sebagaimana diterima Suara.com, diketahui bahwa pemerintah Republik Indonesia terus mengupayakan agar situasi pandemi COVID-19 bisa segera dientaskan.

Salah satunya di sektor pemulihan ekonomi adalah pemberian diskon atau relaksasi atas Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Astra International Tbk, juga bergerak dalam sektor otomotif Nasional [PT Astra International Tbk.,].
Astra International Tbk, juga bergerak dalam sektor otomotif Nasional [PT Astra International Tbk.,].

Dari skema diskon 100 persen untuk pembelian mobil baru, yang kemudian berlaku surut hingga 25 persen di akhir tahun, pemerintah lewat Departemen Keuangan melakukan pembaruan. Yaitu PPnBM DTP 100 persen atau ditanggung pemerintah sampai pemungkas tahun. Artinya, hingga Desember 2021 akan berlaku pemberian dengan relaksasi pajak mencapai 100 persen.

Baca Juga: Piaggio Indonesia Perluas Jaringan Diler di Jawa Tengah

Dari PT Astra International Tbk., penjualan total untuk September 2021 yang meliputi kelima merek tadi, tercatat perolehan 54.328 unit mobil terjual, dengan segmen LCGC menyumbangkan 13.499 unit.

Adapun daya penjualan per brand passenger car adalah Toyota sebanyak 34.122 unit terjual dan Daihatsu mencapai 12.529 unit. Sedangkan Astra market share mencapai 65 persen, dan Astra LCGC market share berada di 97 persen.

Sementara untuk kondisi serupa di tahun sebelumnya, yaitu September 2020, perolehan Astra mencapai 25.799 unit, dan LCGC mencapai 10.071 unit. Dengan catatan penjualan produk Toyota mencapai 13.234 unit dan Daihatsu mencapai 11.204 unit. Astra market share saat itu mencapai 53 persen, dan LGCG mencapai 73 persen.

Pengembangan varian Daihatsu Rocky 1.2L dilakukan oleh putra-putri bangsa, melalui tim R&D (Research & Development) PT ADM bersama tim Daihatsu Motor Company Jepang [PT ADM].
Pengembangan varian Daihatsu Rocky 1.2L dilakukan oleh putra-putri bangsa, melalui tim R&D (Research & Development) PT ADM bersama tim Daihatsu Motor Company Jepang. Sebagai ilsutrasi salah satu perusahaan passenger car Astra [PT ADM].

Menilik hasil ini, maka September 2021 disebutkan Astra mengalami pertumbuhan positif.

“Peningkatan penjualan mobil di tingkat wholesales pada September menunjukkan penambahan stok mobil di level diler untuk mengantisipasi peningkatan permintaan mobil dari konsumen setelah relaksasi PPnBM 100 persen diperpanjang hingga akhir tahun ini,” papar Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk., Boy Kelana Soebroto.

Baca Juga: Berkat Relaksasi PPnBM, Penjualan Daihatsu Membaik di Tengah Pandemi

Dengan adanya penambahan stok mobil di level diler serta akan digelarnya pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021, seluruh brand di bawah naungan Astra diharapkan mampu menorehkan hasil penjualan positif.

“Harapannya minat konsumen akan terus tumbuh dan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” pungkas Boy Kelana Soebroto.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *