Kominfo Blokir 4.873 Platform Fintech Ilegal

Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menindak sebanyak 4.873 platform financial technology (fintech) ilegal sejak 2018 sampai dengan 10 Oktober 2021. Kominfo memutus akses fintech yang tersebar di berbagai platform ini.
 
“Ini pasti konten-konten fintech yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dalam OJK Virtual Innovation Day 2 secara virtual, Selasa, 12 Oktober 2021.
 
Ia menyebut, konten fintech ilegal ini tersebar di berbagai platform seperti websitemarketplace, aplikasi, media sosial, dan layanan file sharing yang semuanya tidak sesuai dengan aturan dan ketentuan perundang-perundangan yang berlaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Baca juga: Ada 20 Jenis Layanan Keuangan Digital yang Ditawarkan 369 Perusahaan Fintech
 
Johnny menambahkan, Kominfo juga bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI) dan mitra-mitra kementerian/lembaga untuk memutus akses konten yang dilarang dari para penyelenggara sistem elektronik (PSE).
 
“Kita sama-sama punya tugas untuk tidak memberikan ruang untuk konten-konten ilegal, agar ruang digital kita menjadi lebih bermanfaat bagi kepentingan masyarakat kita dan digunakan secara maksimal untuk kemajuan perekonomian kita,” ungkapnya.
 
Kominfo Blokir 4.873 Platform <i>Fintech</i> Ilegal” height=”346″ src=”https://bahana.net/wp-content/uploads/2021/10/kominfo-blokir-4-873-platform-fintech-ilegal.jpg” width=”548″><br /><small><em>Ilustrasi fintech ilegal atau penipuan pinjaman online – – Foto: dok Medcom</em></small><br /> <br />Ia juga berharap penegakan peraturan di ruang digital seperti ini akan mendorong semakin maraknya kehadiran <em>fintech </em>yang bisa dimanfaatkan secara baik dan digunakan demi kemaslahatan dan pembangunan ekonomi dan keuangan nasional.<br /> <br />“Kami juga mengajak seluruh PSE dan masyarakat untuk melakukan langkah-langkah antisipatif pengembangan teknologi untuk mencegah kebocoran data dan memperkuat <em>firewall</em> untuk menangkal serangan siber,” pungkas dia.</span><br /> <br /> <a href=Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *