Kisah Touring Motor Listrik BL-SEV01 Jakarta-Mandalika: Overheat dan Keputusan Berat

Suara.com – Sepeda motor listrik garapan Universitas Budi Luhur (UBL), BL-SEV01 tuntas melakukan touring Jakarta-Mandalika sejauh 1.340 km. Sebuah pencapaian seru, yang dilakukan 17 hari (20/9-6/10/2021).

Medan jalan raya beragam dari Jawa hingga Nusa Tenggara Barat mewarnai touring, sekaligus menguji ketahanan baterai dan seluruh komponen lainnya.

Dikutip dari kantor berita Antara, touring BL-SEV01 tak luput dari kendala. Antara lain adalah overheat pada bagian controller, serta kinerja baterai sehingga harus menggunakan fan tambahan.

Galih Aji Prakoso, tester Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 atau BL-SEV01 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat [Dok Universitas Budi Luhur].
Galih Aji Prakoso, tester Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 atau BL-SEV01 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat [Dok Universitas Budi Luhur].

“Daerah yang paling berat adalah Tegal, di sana motor kami mengalami overheat. Sehingga lama berdiskusi untuk melanjutkan perjalanan atau tidak. Dan di kota ini juga kami mendapat ide untuk menambah fan pada bagian-bagian itu,” jelas Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono S.T., M.T.

Baca Juga: Dukung Karya Anak Bangsa, Bamsoet Harap Harga Baterai Kendaraan Listrik Lebih Murah

“Pemasangan kipas cukup efektif untuk mendinginkan dinamo itu dan kita juga terpakan di bagian kontroler,” tukasnya.

Selama perjalanan, tim touring BL-SEV01 Jakarta-Mandalika mencatat bahwa tunggangan bertenaga listrik ini mampu melaju hingga 140 km dalam sekali pengisian baterai, lama charging empat jam.

“Kami patut berbangga dengan segala pencapaian yang sudah diraih oleh Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur sejauh ini, dan izinkan kami mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa, para dosen, rektor, kepala yayasan, hingga seluruh pihak yang sudah membantu pengembangan BL-SEV01 hingga saat ini,” lanjjut Sujono.

Adapun check point perjalanan BL-SEV01 dari Jakarta menuju Sirkuit Mandalika adalah Tegal, Klaten,Banyuwangi, Bali, serta langsung menuju Mandalika di kawasan Pujut, Lombok Tengah.

Agar perjalanan bermotor tim touring Jakarta-Mandalika ini mulus, pihak  UBL menyiapkan seluruh peralatan menjadi dua kali lipat. Adapun spesifikasi motor listrik adalah BLDC 96 Volt yang menghasilkan tenaga maksimal hingga 16 kW, didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Baca Juga: Sukses Touring Jakarta-Mandalika, Sepeda Motor Listrik BL-SEV01 Raih Data Baru

Perjalanan BL-SEV01 mengumpulkan data selama perjalanan Jakarta - Mandalika rampung dengan catatan membanggakan [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Perjalanan BL-SEV01 mengumpulkan data selama perjalanan Jakarta – Mandalika rampung dengan catatan membanggakan [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Dengan susksesnya perjalanan ini, menjadi bukti nyata bagaimana Civitas Akademis Universitas Budi Luhur mampu menghadirkan sebuah teknologi tingkat tinggi dan sudah teruji dengan baik di berbagai kondisi lapangan.

“Saya ucapkan selamat atas pencapaian yang sudah ada hingga saat ini bersama BL-SEV01. Tentu saja pencapaian ini tidak akan membuat kami, seluruh civitas Universitas Budi Luhur, berdiam diri. Kami siap untuk mengembangkan teknologi kendaraan listrik yang lebih baik lagi dari segala aspek,” sambut Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, dalam acara penyambutan kedatangan BL-SEV01 yang seremoninya dilangsungkan hari ini, Selasa (12/10/2021).

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *