Gaikindo Maksimalkan Insentif PPnBM lewat GIIAS 2021

Suara.com – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kembali menggelar pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2021) pada 11-21 November 2021 guna memaksimalkan program penjualan mobil dengan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DPT).

“Kami sangat semangat menuju GIIAS di November ini, untuk terus mendorong pencapaian industri otomotif Indonesia yang telah menggeliat bangkit dengan perpanjangan PPnBM DPT. Jadi dengan hadirnya GIIAS, kami harap semakin meningkatkan gairah masyarakat,” ujar Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi siaran pers, dikutip dari Antara Selasa (12/10/2021).

Insentif pajak Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) 100 persen akhirnya diputuskan untuk diperpanjang hingga akhir tahun, atau 31 Desember 2021.

Insentif tersebut dilakukan untuk menambah daya dorong kebijakan dalam menstimulasi konsumsi masyarakat. Kementerian Keuangan melaporkan, penjualan Januari-Juli 2021 secara ritel tumbuh 38,5 persen dari periode yang sama tahun lalu yang menunjukkan pergerakan positif atas manfaat kebijakan insentif PPnBM.

Baca Juga: GIIAS 2021 Berlakukan Pembelian Tiket Daring, Begini Cara Memperolehnya

Gaikindo memastikan bahwa pameran itu akan diikuti sebanyak 24 merek kendaraan, termasuk mobil penumpang, komersial dan mobil listrik.

Nangoi menambahkan, pameran tahunan itu akan mengedepankan protokol kesehatan, setelah mereka mendapatkan dukungan dan rekomendasi dari Kementerian Perindustrian RI dan pemerintah setempat.

“Kesehatan masyarakat tetap utama, jadi Gaikindo akan memastikan jalannya GIIAS disertai protokol kesehatan yang ketat,” tutur Nangoi.

Rizwan Alamsjah, Ketua III dan Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo menjelaskan, untuk menyaksikan GIIAS secara langsung pengunjung dan seluruh pihak yang hadir sepanjang pameran berlangsung harus memenuhi beberapa persyaratan protokol kesehatan (prokes) yang ditetapkan pemerintah.

Syarat itu antara lain dalam kondisi sehat, sudah vaksin lengkap dua dosis, terdaftar di aplikasi PeduliLindungi, selalu menggunakan masker medis, secara berkala mencuci tangan, selalu menjaga jarak, dan bagi pengunjung harus melakukan pembelian tiket secara online.

Baca Juga: GIIAS 2021 Boleh Dihadiri Pengunjung, Tiket Hanya Tersedia Online

“Kami percaya pecinta otomotif akan terus mendukung penyelenggaraan GIIAS dan industri otomotif Indonesia dengan hadir di GIIAS dan menjalankan prokes yang dibutuhkan, untuk saling menjaga dan memastikan agar selalu aman dan nyaman ke GIIAS,” tutup Rizwan.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *