Restorasi Vespa 1984, Darius Sinathrya Rampungkan Proyek Dalam Dua Bulan

Suara.com – Aktor dan presenter kondang Darius Sinathrya melunasi janji menyelesaikan proyek restorasi Vespa klasik yang awalnya sudah tidak bisa dipakai.

Ya, proyek restorasi Vespa PX 150 E milik Bang Pepen ini memang penuh lika-liku dan suami dari artis serta presenter Donna Agnesia iini butuh dua bulan penuh. Termasuk perombakan besar-besaran.

Kondisi dari Vespa itu sudah tidak bisa digunakan ketika Darius pertama kali menayangkan rencana proyek restorasi Vespa pada September 2021.

Kondisi awal dari Vespa PX 150 E 1984 ini sendiri sudah parah. Banyak bagian dari bodi yang rusak, spion patah dan beberapa mesin sudah pernah diperbarui.

Baca Juga: Setelah Vespa Dior, Nagita Slavina Ubah Vespa GTV Jadi Pink Cantik

Darius dan timnya melakukan restorasi Vespa dua bulan dan salah satu tujuannya adalah dedikasi membantu orang lain memperbaiki tunggangan yang sangat dibutuhkan [YouTube: The Sinathrya].
Darius dan timnya melakukan restorasi Vespa dua bulan dan salah satu tujuannya adalah dedikasi membantu orang lain memperbaiki tunggangan yang sangat dibutuhkan [YouTube: The Sinathrya].

“Handle remnya patah, kondisinya waktu diceritain sempat dibenerin. Juga mesinnya, sedikit ya, yang penting bisa jalan. Jadi mesin juga butuh sentuhan lagi,” ucap Darius, melansir dari akun YouTube The Sinarthrya, Senin (11/10/2021).

Usia dari Vespa PX 150 E yang akan direstorasi ini sudah mencapai puluhan tahun, dan sudah berpindah tangan, sehingga Bang Pepen menjadi pemilik kedua dari produk Italia itu. Dengan kepemilikan mencapai 20 tahun lebih.

Rencana awal restorasi Vespa milik Bang Pepen ini sendiri harusnya selesai Oktober. Namun Darius dan beberapa pekerjanya harus melakukan karantina sehingga jalannya restorasi ini memakan dua bulan.

Prosesnya, Darius dan tim mencopot seluruh mesin dan body part Vespa. Bagian bodi Vespa dibakar terlebih dahulu untuk merontokkan cat lama sehingga bisa dipoles warna baru, juga menambal bagian-bagian yang robek dan penyok.

Darius tes drive Vespa PX 150 E usia 21 tahun [YouTube: The Sinathrya].
Darius test drive Vespa PX 150 E  yang berusia lebih dari 20 tahun [YouTube: The Sinathrya].

Untuk menyempurnakan bentuk dari Vespa PX 150 E sendiri membutuhkan waktu sekitar dua minggu hingga selesai menyempurnakan bentuknya.

Baca Juga: Biar Riding Semakin Gaya, Pakai Sneakers Kolaborasi Scooter VIP-SKO Shoes

Setelah rampung, bagian bodi Vespa dikirim ke bengkel cat motor, melansir dari akun Youtube The Sinarthrya “Restorator Vespa : Proses Body Repair & Rakit Mesin Vespa Px 150 E Milik Bang Pepen!”.

Komponen mesin pada Vespa PX 150 E sendiri masih banyak yang bagus dan bisa digunakan, namun Darius dan tim tetap memperbaiki setang seher, lahar lidi, seal kertas dan kampas kopling.

Tim Darius menyatakan bahwa perbaikan mesin tidak terlalu sulit, namun dibutuhkan detail agar motor bisa dipakai dalam waktu yang lama.

Lewat akun YouTubenya, pada Jumat (8/10/2021), Darius mengabarkan telah menyelesaikan proyek restorasi dan telah memberikan motor Vespa itu kembali kepada sang pemilik.

Tampilan dari motor Vespa PX 150 E Tahun 1984 juga seperti baru dibeli, dan Darius sendiri sudah melakukan test-drive terlebih dahulu.

Restorasi ini sendiri merupakan proyek ketiga milik Darius, di mana dirinya dan tim membantu orang lain untuk melakukan reparasi kendaraan.

Kathy Puteri Utomo

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *