Khawatir Keluar dari Uni Eropa, Ribuan Warga Polandia Berunjuk Rasa

Warsawa: Ribuan warga Polandia yang khawatir negara mereka akan keluar dari keanggotaan Uni Eropa memilih berunjuk rasa di jalanan. Mereka mendesak pemerintah untuk mempertahankan keanggotaan UE.
 
Kamis kemarin, pengadilan tinggi Polandia mengeluarkan putusan bahwa beberapa artikel kunci dalam hukum UE “tidak sejalan” dengan konstitusi negara. Putusan tersebut memicu kekhawatiran Polandia dapat keluar dari blok Eropa.
 
Dikutip dari laman BBC, Senin, 11 Oktober 2021, aksi protes pun berlangsung masif sepanjang hari Minggu kemarin. Koordinator unjuk rasa mengklaim demonstrasi terkait keanggotaan UE berlangsung di lebih dari 100 kota di seantero Polandia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Donald Tusk, mantan presiden Dewan Eropa dan kini menjadi kepala partai oposisi Civic Platform, menyerukan masyarakat untuk “membela Polandia Eropa” dalam sebuah aksi protes di ibu kota Warsawa.
 
Jajaran politisi oposisi, aktivis, dan seniman beramai-ramai turun ke jalan dan mendukung seruan Tusk.
 
“Ini adalah Eropa kami, dan siapapun tidak dapat mengambilnya dari kami,” ucap seorang veteran perang dunia II, Reuters Wanda Traczyk-Stawska.
 
Sejumlah tokoh EU mengkritik putusan Tribunal Konstitusional Polandia yang dirilis pada Kamis kemarin. Putusan tersebut dinilai mementahkan prinsip-prinsip utama hukum EU yang diberlakukan di area-area yudisial tertentu.
 
Putusan itu juga merupakan kelanjutan dari perseteruan antara UE dan Polandia.
 
Sejumlah kritikus menilai partai berkuasa di Polandia, PiS, telah melakukan politisasi sektor yudisial sejak berkuasa pada 2015.
 
Di tengah gelombang kritik, Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki membela putusan tribunal. “Kami memiliki hak yang sama seperti negara-negara lain. Kami ingin hak-hak ini dihormati,” tulisnya di Facebook.
 
Namun di waktu bersamaan, Morawiecki menegaskan bahwa “Polandia tetap akan menjadi bagian dari keluarga Eropa.” PiS juga menegaskan bahwa pihaknya sama sekali tidak berencana melakukan “Polexit.”
 
“Polexit” merupakan istilah mirip Brexit, atau keluarnya Inggris (Britain) dari keanggotaan UE.
 
Baca:  Brexit Resmi Berlaku, Inggris Keluar dari Uni Eropa
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *