Resmikan Pos Bloc, Erick Thohir Puji Transformasi Pos Indonesia

Jakarta: Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi PT Pos Indonesia (Persero) yang mulai bertransformasi ke ranah digital sesuai tuntutan zaman.
 
Salah satu wujud nyata transformasi ini tampak pada peresmian Pos Bloc Jakarta yang berlokasi di Gedung Filateli Jakarta, Jalan Pos Nomor 2, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Menghadirkan konsep tempo dulu, Pos Bloc berkolaborasi dengan beberapa produk lokal dan pelaku industri kreatif.
 
“Bagus, sesuai arahan saya di awal bahwa PT Pos harus lebih digital, kreatif, aset-asetnya bisa lebih bermanfaat buat bangsa.  Memasuki era digital dan milenial, disrupsi terjadi. Saya mendorong PT Pos bertransformasi kepada generasi muda dan perubahan di Indonesia. Saya tekankan juga untuk PT Pos meningkatkan value karena sudah terlalu banyak peninggalan sejarah bangsa ini hilang dimakan zaman. Peninggalan sejarah harus dijaga. Negara yang besar adalah negara yang mengingat sejarah,” ucap Menteri BUMN Eric Thohir di sela peresmian Pos Bloc Jakarta, Minggu, 10 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Pos Bloc Jakarta memanfaatkan aset bekas Gedung Kantor Pos era Hindia Belanda seluas 7.000 meter persegi milik PT Pos Indonesia (Persero) yang diubah menjadi ruang kreatif bagi berbagai acara seni, budaya, hiburan, pertemuan komunitas kreatif, dan pemberdayaan bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) serta UKM (Usaha Kecil dan Menengah). 
 
Pos Bloc menjadi creative hub di Jakarta. Di sana pengunjung tidak hanya menikmati makanan dan minuman, tapi juga tersedia distro, fasilitas entertainment, meeting room, co-working space, dan bahkan sharing studio dengan kamera lengkap untuk digunakan membuat konten oleh Youtuber atau podcast. 
 
“Alhamdulillah, PT Pos siap. Saya senang sekali hari ini mewakili Presiden dapat melaporkan bahwa PT Pos siap bertransformasi,” ucap Erick Thohir memuji.
 
Resmikan Pos Bloc, Erick Thohir Puji Transformasi Pos Indonesia
Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi (Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)
 
Ditemui di lokasi yang sama, Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi menjelaskan Pos Bloc bertujuan menarik minat generasi milenial. 
 
“Kita punya ratusan gedung yang usianya di atas 100 tahun dan anak-anak muda sekarang senang sejarah. Karena kita paham gaya hidup anak muda yang suka nongkrong di tempat bersejarah, yang ada cerita di tempat itu, maka Pos Bloc akan menarik mereka. Impactnya ketika milenial suka dan datang ke properti Pos, maka mereka akan menggunakan jasa kurirnya dan financial service,” ucap Faizal.
 
Pos Bloc Jakarta merupakan proyek cipta ruang (placemaking) hasil kolaborasi antara PT Pos Indonesia (Persero) sebagai BUMN tertua di tanah air melalui anak perusahaan PT Pos Properti Indonesia dengan pihak swasta, PT Ruang Kreatif Pos. Salah satu anak perusahaan grup usaha Radar Ruang Riang ini sebelumnya sukses mewujudkan ruang kreatif publik M Bloc Space di Jakarta Selatan serta menyusul segera JNM Bloc di kota Yogyakarta.
 
“Pengembangan Pos Bloc ini menjadi salah satu bentuk program transformasi yang dilakukan oleh Pos Indonesia melalui anak perusahaan PT Pos Properti Indonesia, untuk merelevankan Pos Indonesia dengan generasi-genasi muda saat ini,” ujar Faizal.
 
Resmikan Pos Bloc, Erick Thohir Puji Transformasi Pos Indonesia
(Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)
 
CEO Pos Bloc Jakarta Jimmy Saputro menyambut baik kolaborasi dengan PT Pos Indonesia dalam mengalihfungsikan serta mengelola aset negara yang sangat bersejarah menjadi ruang kreatif publik tanpa menanggalkan identitas awalnya. 
 
“Semoga Pos Bloc Jakarta dapat menjadi game changer untuk menghidupkan kembali dinamika kreatif di sekitar kawasan Pasar Baru serta berdampak bagus bagi lingkungan di sekitarnya,” kata Jimmy Saputro.
 
Sementara itu menurut Dirut PT Pos Properti Indonesia (PPI) Handriani menjelaskan dalam waktu dekat akan dibangun Pos Bloc Surabaya dan Bandung. 
 
“Untuk pengelolaan Pos Bloc akan memakai model revenue sharing alias bagi hasil. Melihat keberhasilan sebelumnya, saya optimistis kerja sama ini akan menuai sukses,” ujar Handriani.
 
Resmikan Pos Bloc, Erick Thohir Puji Transformasi Pos Indonesia
(Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)
 
Pengembangan Pos Bloc Jakarta akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama yang diresmikan pada hari ini seluas 2.400 meter persegi. Tahap kedua akan dilakukan pada awal 2022 dengan luas tambahan sekitar 4.800 meter persegi. Beberapa area di sana pada tahap pertama ini akan diperkenalkan sebagai West Veranda, East Veranda (beranda depan), Great Hall (aula utama), West Garden, East Garden (taman), East Loading Bay, West Loading Bay (area bongkar muat) hingga Cultural Hall (ruang kegiatan atau pameran).
 
Saat ini sejumlah tenant telah beroperasi di Pos Bloc, yaitu Mini M Bloc Market (toko kelontong), Twalen (kuliner Bali), Coldheart (kedai minuman), Canggu Bakehouse (kedai kue), Filosofi Kopi (kedai kopi), Bakmi Sedjuk (kedai bakmi), Damn! I Love Indonesia (toko fesyen), Huma Ide (kedai gelato), Via Bata Via (toko barang antik), Photomatics (kedai foto), Gyujin Teppan (kuliner Jepang), Coquito (kuliner Meksiko), Roti Bakar Kemang (kedai makanan), Communion (toko sepatu kets), Sherman Cuts (pangkas rambut), Picknick Yuk with Nona Manis (kuliner piknik), Nastar by Ritz (kedai nastar), Sovlo (toko aksesoris), Jamune (kedai jamu), Panama (toko sandal), Heiya (minuman ringan), Esteboo (kedai es tebu), Pos Bloc X (kedai kolaborasi) dan tentunya Pos Indonesia (kantor pos).
 
Pos Bloc Jakarta dapat dikunjungi oleh umum setiap hari kerja pukul 10.00 hingga 21.00 WIB dan pada akhir pekan pada pukul 07.00 hingga 21.00 WIB. 
 
Selaras aturan pemerintah, masuk ke area Pos Bloc Jakarta wajib mematuhi protokol kesehatan 3M serta menunjukkan sertifikat vaksin covid-19 (minimal dosis pertama) melalui aplikasi PeduliLindungi.  Anak-anak berusia di bawah 12 tahun sementara ini belum diperkenankan masuk. 
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *