Hadirkan 22 Perwakilan PTN, SMAN 8 Berikan Siswa Kebebasan Memilih

Jakarta: Melalui program Edufair, SMAN 8 Jakarta menghadirkan 22 perwakilan dari perguruan tinggi negeri (PTN) dan sekolah kedinasan. Kehadiran beragam PTN itu diharapkan menjadi bekal siswa untuk memilih perguruan tinggi terbaik dalam melanjutkan pendidikan.
 
“Artinya para siswa bersama orang tua sudah memahami program studi yang dimiliki oleh perguruan tinggi yang telah diundang. Dan tak kalah penting, karier apa setelah lulus dari PTN tersebut,” kata Ketua Pelaksana Ekskutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo Widyobroto, saat menjadi pembicara kunci dalam acara penutupan Edufair, Jumat, 8 Oktober 2021.
 
Budi mengapresiasi suksesnya pelaksanaan Edufair yang digelar secara daring tersebut. Ia berpesan bahwa semua siswa dapat memilih program studi sesuai dengan passion masing-masing. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Artinya, pilihan siswa yang lebih utama. Peran orang tua adalah mendampingi secara baik dan tidak memaksakan pilihan program studi perguruan tinggi kepada putra-putrinya,” kata dia. 
 
LTMPT telah merilis 1.000 SLTA terbaik berdasarkan nilai UTBK pada 2020 dan 2021. Hasilnya, SMAN 8 Jakarta bertengger di urutan kedua di tingkat DKI, dan urutan ketiga secara nasional.
 
“Saya berharap prestasi ini dapat dipertahankan,” ujarnya.
 
Saat ini, kata dia, LTMPT sudah siap mendampingi para rektor PTN di Indonesia untuk melaksanakan seleksi masuk melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.
 
Edufair SMAN 8 Jakarta telah berlangsung sejak Juli 2021. Edufair menghadirkan sejumlah PTN, perguruan tinggi luar negeri (PTLN), serta perguruan tinggi kedinasan. Diakhiri dengan paparan tentang berbagai studi di Uiniversitas Indonesia (UI).

Ikut sukseskan vaksinasi

Sementara itu, di luar lingkungan sekolah, SMAN 8 Jakarta juga ikut menyukseskan pelaksanaan vaksinasi covid-19. Ikatan Alumni SMAN 8 Jakarta menggelar acara Sentra Vaksinasi Alumni Smandel. Acara dipusatkan di Mal Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan.
Sentra Vaksinasi Smandel
Hingga kini, acara vaksinasi covid ini sudah tiga kali digelar. Pekan depan, tepatnya Sabtu, 16 Oktober 2021, vaksinasi juga masih akan dilakukan di tempat yang sama.
 
Ketua Panitia Sentra Vaksinasi Alumni Smandel, Dewi Elina, menyatakan para alumni berkomitmen untuk bahu-membahu membantu pemerintah mencapai herd immunity atau kekebalan komunitas.
 
“Pada 16 Oktober nanti, kami akan menggunakan vaksin Pfizer. Prioritas pemberian vaksin adalah peserta vaksinasi sebelumnya,” kata Dewi.
 
Namun, vaksinasi juga dibuka untuk masyarakat umum di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Adapun persyaratannya adalah warga negara Indonesia (WNI), memiliki NIK, dan berusia 12 tahun ke atas. Vaksinasi ini juga terbuka bagi warga yang telah divaksin covid-19 Pfizer di tempat lain. 
 
Bagi para peserta yang baru mengikuti acara ini, Dewi menyarankan untuk melakukan registrasi terlebih dulu di tautan ini: shorturl.at/cgwGJ
 
Dewi menyatakan seluruh tenaga kesehatan dan tenaga pendukung yang terlibat merupakan relawan para dokter alumni Smandel. Acara ini didukung oleh Total Oil Indonesia, Danone, BTA Group, Axis, Nestle Bear Brand, dan Paragon Grup.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *