IMF Desak Pemerintah di Berbagai Negara Susun Strategi Fiskal Demi Tekan Utang Pandemi

Washington: Dana Moneter Internasional (IMF) mendesak pemerintah di berbagai negara segera merencanakan kembali anggaran fiskalnya demi menekan pembengkakan utang akibat pandemi covid-19. Pasalnya, strategi fiskal yang baru akan membangkitkan kepercayaan investor.
 
“Tetapi setiap negara harus menentukan waktu dan kecepatan konsolidasi fiskal yang tepat,” tulis laporan IMF, Jumat, 8 Oktober 2021.
 
Laporan IMF menunjukkan bahwa negara-negara dengan rencana kerangka keuangan yang kredibel memiliki biaya pinjaman yang lebih rendah dan dapat membuat utang baru yang lebih besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Adapun di dalam kerangka tersebut harus mempertimbangkan anggaran penanganan pandemi, kerentanan keuangan, risiko krisis ekonomi, tekanan populasi, kebutuhan pembangunan infrastruktur, hingga kesulitan dalam mengumpulkan pendapatan negara.
 
“Ketika pemberi pinjaman yakin bahwa pemerintah bertanggung jawab secara finansial, pembiayaan defisit besar, dan perpanjangan utang menjadi lebih mudah,” tulis IMF.
 
IMF pun merekomendasikan agar negara-negara berkomitmen mendorong kenaikan pajak di berbagai sektor untuk menambah penerimaan. Namun aturan ini harus cukup fleksibel demi menstabilkan ekonomi dan menghindari pemangkasan investasi di dunia usaha.
 
“Perubahan pajak atau pengeluaran mungkin pra-legislatif dan bergantung pada pemulihan,” kata IMF.

 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *