[Cek Fakta] Beredar Video Megawati Ingin Mengubah Pancasila? Begini Faktanya

Beredar unggahan video yang judulnya menarasikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ingin mengubah Pancasila. Video ini beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Bunga Mawar membagikan video tersebut pada Kamis 7 Oktober 2021. Akun itu membagikan ulang video yang berasal dari akun Banten AmarMaruf NahiMunhka yang memperlihatkan Megawati sedang berpidato di atas mimbar.
 

“Ini bukti megawati ingin merubah pancasila” keterangan pada video.

Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

[Cek Fakta] Beredar Video Megawati Ingin Mengubah Pancasila? Begini Faktanya

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan pidato Megawati ingin mengubah Pancasila adalah salah. Faktanya, informasi ini adalah hoaks lama yang kembali beredar.
 
Tim Cek Fakta Medcom.id sudah pernah mengulas klaim yang sama pada 25 Agustus 2020. Dari hasil penelusuran, video tersebut telah dipotong durasinya.
 
Video itu berasal dari siaran langsung MetroTV yang diunggah pada kanal Youtube Metrotvnews melalui video berjudul “(Full) Pidato Politik Megawati di Kongres V PDIP 2019 di Bali” diunggah pada 8 Agustus 019.
 
Pada video itu, Megawati sedang memberikan pidato yang mengingatkan bahwa kemerdekaan itu tidak mudah didapat, sehingga tidak diperbolehkan menyia-nyiakan yang telah diperjuangkan para pahlawan. Termasuk jangan mencoba untuk merombak dan mengganti Pancasila.

“Jadi jangan setelah menikmati (kemerdekaan), lalu kita mencoba-coba dengan ilmu baru (menggantikan Pancasila). Itu tidak cocok,” ujar Megawati dalam pidatonya di Kongres ke-V PDIP, di Hotel Grand Inna Beach, Bali, Kamis 8 Agustus 2019.

Sebaliknya, Megawati dalam pidatonya, menyindir pihak-pihak yang ingin merombak atau mengganti ideologi Pancasila dengan paham lain. Megawati mengajak pihak-pihak itu untuk tidak berkoar-koar di jalanan yang hanya menyengsarakan rakyat.
 
“‘Pancasila itu apa? Tidak ada artinya, kita harus rombak, kita harus dirikan, yang lain sifatnya’. Mari kalau mau seperti itu, saya berkata jangan main di jalanan hanya menyengsarakan rakyat, datang ke DPR,” ujarnya.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Megawati Ingin Mengubah Pancasila? Begini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperlihatkan pidato Megawati ingin mengubah Pancasila adalah salah. Faktanya, informasi ini adalah hoaks lama yang kembali beredar.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Megawati Ingin Mengubah Pancasila? Begini Faktanya
 

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=35uU0pEcJck
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/Rb10jJAN-cek-fakta-video-megawati-ingin-mengubah-pancasila

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016
 

 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *