Mahasiswa UKDW Sabet Perunggu Cabor Taekwondo di PON Papua

Yogyakarta: Immanuella Anindita Nugraheni, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta Angkatan 2016 berhasil menyabet perunggu di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Ia merupakan atlet taekwondo anggota kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
 
Immanuella bertanding pada kategori poomsae beregu putri di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Kota Jayapura. PON XX Papua 2021 diselenggarakan mulai 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021.
 
Immanuella mengatakan, sebelumnya ia mengikuti kejuaraan tingkat provinsi yaitu Pekan Olahraga Daerah (PORDA) dan event Pra PON yang merupakan pertandingan untuk penyisihan dari 34 kontingen menjadi beberapa kontingen yang akan menuju PON XX Papua. Pada cabang taekwondo kategori poomsae hanya diambil 6 kontingen yang melaju ke PON XX Papua. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Persiapan dilakukan sejak Januari 2020, Latihan pun sempat diadakan secara daring karena pandemi covid-19,” cerita Immanuella melalui keterangan tertulis UKDW, Kamis, 7 Oktober 2021.
 
Ia juga mengikuti try out di Bali dan pertandingan-pertandingan yang diadakan secara daring. Tim mengasah mental dengan latihan performance pada acara-acara yang diadakan oleh KONI DIY, sehingga siap dan bisa memberikan penampilan terbaik di PON XX Papua 2021.
 
Baca: Tim PKM UKDW Berhasil Lolos ke Pimnas 2021
 
Immanuella mengaku sudah menggeluti taekwondo sejak kelas 3 SD. Awalnya, ia diajak sang kakak ikut latihan sebagai kegiatan fisik. Merasa cocok, Immanuella mulai belajar poomsae dan rutin ikut pertandingan. 
 
“Hingga sekarang bisa menjadi perwakilan kontingen DIY dalam ajang PON XX Papua 2021,” ujarnya.
 
Dalam persiapan latihan menuju PON ini, Immanuella sedang menjalani perkuliahan. Ia mengaku bisa membagi waktu kuliah dan latihan. Saya akan fokus pada apa yang saya sedang kerjakan. Di luar jam kuliah dan latihan, saya akan menggunakan sisa waktu untuk mengerjakan tugas, belajar, dan juga untuk istirahat,” terangnya.
 
Dekan Fakultas Kedokteran UKDW The Maria Meiwati Widagdo menyampaikan apresiasinya atas prestasi Immanuella. Ia mengaku bangga dan senang Immanuella aktif sekaligus berprestasi dalam kegiatan olahraga di luar kuliah. 
 
“Kegiatan olahraga di luar kuliah tidak hanya merupakan rekreasi, tetapi ikut membentuk kepribadian mahasiswa untuk menjadi pribadi yang sportif, kompetitif, dan tangguh,” ungkap Maria.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *