Dukung Program Sepeda Motor Listrik, PLN Membangun SPLU di Banjarmasin

Suara.com – Perusahaan Listrik Negara (PLN) mendukung program sepeda motor listrik di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Wujudnya adalah membuat sebuah Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU).

Dikutip dari kantor berita Antara, PLN membangun SPLU ini di wilayah Banjarmasin Selatan. Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina meresmikan operasional SPLU ini pada Rabu (6/10/2021).

“Ini SPLU pertama di Kota Banjarmasin, kami mengapresiasi PLN yang mendukung program motor listrik,” jelas Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina.

Puluhan sepeda motor listrik yang disiapkan oleh PT PLN Distribusi Jakarta Raya sebagai kendaraan operasional tampak terparkir di Jakarta, Selasa (26/12/2017). [Suara.com/Kurniawan Mas'ud]
Sepeda motor listrik yang disiapkan oleh PT PLN Distribusi Jakarta Raya sebagai kendaraan operasional di Jakarta (26/12/2017). Sebagai ilustrasi [Suara.com/Kurniawan Mas’ud]

Kebijakan penggunaan kendaraan bermotor listrik yang dilakukan Pemkot Banjarmasin ini mendukung program pemerintah pusat terkait penghematan energi dan pemanfaatan energi listrik untuk sarana transportasi.

Baca Juga: Piaggio Siap Rilis Sepeda Motor Listrik Rp 50 Jutaan, Tampilannya Ramping

Pada 2021, Pemkot Banjarmasin telah mengalokasikan pembelian kendaraan bermotor listrik untuk para Lurah se-Kota Banjarmasin. Dengan menggunakan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, biaya yang dikeluarkan jauh lebih hemat dibandingkan kendaraan berbahan bakar konvensional.

“Efisiensi sangat-sangat hemat. Karena sampai full, 1 KwH-nya 60 kilometer, biayanya cuma Rp 2 ribu bisa PP (pulang pergi) Banjarmasin-Banjarbaru. Jadi hemat sekali,” jelas Ibnu Sina.

Wali Kota Banjarmasin berharap, selain mendukung program pemerintah, dengan penggunaan kendaraan bermotor listrik ini juga dapat mendukung upaya Pemkot Banjarmasin menjadikan udara di kawasan ini lebih sehat.

Sebagai dukungan terhadap program pemerintah terkait ramah lingkungan, sepeda motor nol emisi, program pembangunan berkelanjutan dengan energi hijau dan pengurangan emisi akan disasar kawasan ini.

“Semua mendukung program Kota Banjarmasin yang ramah lingkungan kemudian juga sesuai dengan program nomor 7 dari SDGs yaitu target ke-7 terkait dengan energi hijau dan pengurangan emisi karbon,” pungkasnya.

Baca Juga: Peneliti LPEM UI: Sepeda Motor Listrik Berpotensi Lebih Cepat Berkembang di Tanah Air

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *