Trik Aman Melakukan Pengereman Mendadak Saat Menunggang Sepeda Motor Matik

Suara.com – Pengereman adalah salah satu teknik yang harus dikuasai pengendara kendaraan bermotor. Termasuk sepeda motor. Untuk motor bebek dan motor sport, pengereman dilakukan pakai tangan serta kaki.

Sementara itu, lain halnya dengan motor transmisi otomatis atau biasa disebut motor matik. Untuk jenis ini, pengereman menggunakan kedua tangan.

Apabila tak terbiasa mengendarai motor matik, melakukan pengereman, apalagi dalam kondisi mendadak perlu diperhatikan. Salah-salah bisa celaka.

Ilustrasi sistem pengereman sepeda motor. [Shutterstock]
Ilustrasi sistem pengereman sepeda motor. [Shutterstock]

Saat mengendarai motor matik, pahami dan ikuti langkah-langkah aman dalam melakukan pengereman. Dikutip dari Wahana Honda, berikut adalah sederet tips untuk melakukan pengereman motor matik. Mulai tidak menarik rem terlalu keras, sampai mendahulukan rem depan.

Baca Juga: Tak Perlu Panik, Cakram Rem Mobil Timbul Karat Bukan Berarti Rusak

Berikut selengkapnya, tips melakukan pengereman mendadak saat menunggang motor matik:

Jangan menarik rem terlalu keras

  • Hal pertama yang harus diingat ketika akan melakukan rem mendadak saat berkendara menggunakan motor matik adalah dengan tidak menarik tuas rem terlalu keras.
  • Bila menarik tuas rem terlalu dalam, ban malah bisa terkunci, dan akhirnya menyebabkan motor tergelincir. Jadi sebaiknya mainkan tuas rem, yaitu dengan menarik dan mengendorkan bergantian secara intens.

Dahulukan rem depan

  • Dalam kondisi darurat sebelum mengerem mendadak, dahulukan penggunaan rem depan. Namun tentu saja, tetap diikuti pemakaian rem belakang. Jadi, proses pengereman bisa seimbang.

Pastikan motor lurus

  • Langkah aman berikutnya adalah memastikan posisi motor tetap lurus saat hendak mengerem mendadak. Usahakan motor tidak menikung, agar tetap aman dan tidak tergelincir.

Selalu pakai safety gear

Baca Juga: Tips Hadapi Turunan Curam Pakai Mobil Matik, Jangan Hanya Andalkan Rem

  • Meski sudah mengantisipasi dengan melakukan teknik pengereman mendadak yang aman, risiko kecelakaan selalu ada. Oleh karena itu, selalu gunakan safety gear ke mana pun berkendara. Sebab, tidak ada yang pernah bisa memprediksi kondisi di jalanan.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *