Ikut Menjaga Keanekaragaman Hayati, PT AHM Tanam Mangrove dan Buah Langka

Suara.com – Sudah berjalan hingga dua dekade lamanya, pekan lalu PT Astra Honda Motor (AHM), produsen kendaraan roda dua Tanah Air, melakukan penanaman pohon bakau, buah langka serta buah lokal dengan tujuan menjaga keanekaragaman hayati Indonesia. Sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi PT AHM, ada 500 pohon buah langka dan lokal khas Nusantara ditanam di Bukit Cibakung, Kampung Cidadap, Kabupaten Bandung Barat. Kemudian 700 pohon mangrove di pesisir pantai utara Jawa, di Desa Segarajaya, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.

General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin menyatakan pohon adalah bagian terpenting dari ekosistem alam untuk menjaga bumi dengan kelestarian keanekaragaman hayati. Demikian pula yang dilakukan untuk Tanah Air.

Kalihurip Satu Hati, binaan PT Astra Honda Motor kini membuat masker kain tanggulangi Covid-19 [Dok PT Astra Honda Motor].
Kalihurip Satu Hati, binaan PT Astra Honda Motor kini membuat masker kain tanggulangi Covid-19. Sebagai ilustrasi kegiatan CSR PT AHM selain penanaman pohon juga karya lainnya [Dok PT Astra Honda Motor].

“Perusahaan ingin penanaman yang dilakukan dapat memberikan nilai tambah ekonomis kepada masyarakat di sekitar lokasi panen,” jelas Ahmad Muhibbuddin dalam keterangan resminya, Selasa (5/10/2021).

Baca Juga: Mobil Listrik Mendominasi Pasar Otomotif Norwegia, Tesla Ada di Posisi Teratas

Karena itu, dengan adanya semangat Sinergi Bagi Negeri, PT AHM bekerja sama dengan masyarakat melakukan beragam aktivitas yang berguna bagi ekosistem lingkungan di Indonesia.

“Program penanaman pohon ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya sebagai obyek pariwisata maupun hasil budidaya, menjaga kelestarian tanaman langka, menghijaukan lahan tandus, meningkat jumlah oksigen dan mencegah atau mengurangi abrasi laut,” lanjutnya.

Di lokasi Jembatan Cinta Tarumajaya, yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat, PT AHM telah menanam 6.500 pohon mangrove. Selain di desa ini, AHM juga telah menanam sekitar 10.250 pohon mangrove di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan di Muaragembong, Bekasi sebagai upaya konservasi bekantan dan lutung jawa sebagai fauna asli Indonesia.

Diharapkan, masyarakat setempat bisa memanfaatkan hasil yang ada, misalnya, buah dari mangrove bisa dijadikan kreasi panganan lokal sebagai salah satu pendapatan masyarakat seperti kerupuk dan sirup.

Tidak hanya menanam pohon yang dapat memberikan manfaat lebih kepada masyarakat setempat, PT AHM juga menanam buah langka dan lokal Nusantara yang dilakukan di Pranaraksa Center. Program ini berlangsung sejak 2019. Di tempat ini telah ditanam 1.500 pohon buah, sebagian di antaranya adalah buah langka.

Baca Juga: Bakal Hadirkan Mobil Listrik, PT JLM Auto Indonesia Siapkan Showroom di PIK

Selain itu, PT AHM juga bekerja sama dengan LIPI untuk menjalankan program pelestarian keanekaragaman h dengan menanam sebanyak 32 jenis pohon buah yang berbeda di antaranya 20 jenis buah langka yang hampir punah keberadaanya di negeri ini seperti menteng, mundu, jamblang, matoa, bisbul, dan lainnya.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *