Bunga KPR Tinggi Jadi Ganjalan Beli Rumah

Jakarta: Di tengah berbagai kemudahan yang telah diberikan pemerintah untuk sektor properti, namun tingginya suku bunga masih menjadi hambatan utama.
 
Survei Rumah.com Consumer Sentiment Study H2-2021 mencatat 60 persen responden menganggap suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) saat ini berada pada level yang tinggi.
 
Country Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan, angka ini naik dibandingkan semester sebelumnya yang dinyatakan oleh 59 persen responden. Selain itu, masyarakat berharap agar pemerintah mengambil langkah untuk membantu menurunkan suku bunga.
 
“Masih tingginya tingkat suku bunga KPR juga mengakibatkan tingginya besaran angsuran yang harus dibayar tiap bulan sehingga menjadi hambatan membeli rumah,” ungkapnya dalam webinar, Selasa, 5 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Padahal, hasil survei Rumah.com Consumer Sentiment Study H2-2021 menunjukkan bahwa konsumen sudah kembali berminat untuk melakukan transaksi pembelian properti, apalagi hunian merupakan kebutuhan pokok. 
 
“Hanya saja ada beberapa pergeseran sentimen konsumen yang harus disikapi oleh pelaku industri baik para pengembang maupun kalangan perbankan,” jelasnya.
 
Masyarakat kini juga mempertimbangkan lebih sedikit faktor ketika mengambil pinjaman rumah namun faktor utama masih sama yaitu besaran angsuran, jangka waktu pinjaman dan tingkat suku bunga KPR.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *