Komitmen Indonesia Membangun Industri Berbasis Energi Hijau

INDONESIA ialah salah satu negara yang memiliki komitmen kuat untuk menangani isu perubahan iklim. Sebagai salah satu upaya mengendalikan perubahan iklim, pemerintah Indonesia berkomitmen untuk membangun industri berbasis energi hijau. Maka dari itu, Indonesia tengah menyiapkan berbagai kebijakan untuk mendukung transisi energi terbarukan yang ramah lingkungan agar pada 2060 mendatang Indonesia dapat mewujudkan target net zero emission (NZE).

Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan energi hijau karena memiliki pasokan bahan baku untuk mendukung konsep tersebut. Namun, biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkan komitmen tersebut tidak bisa dibilang kecil. Butuh sekitar US$5,7 miliar atau Rp81,58 triliun untuk mewujudkan komitmen tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan biaya, pemerintah Indonesia berusaha menggandeng perusahaan swasta untuk turut berkontribusi dalam memerangi perubahan iklim. Sebagai upaya untuk menarik perhatian pihak swasta, pemerintah tengah menyusun road map transisi energi terbarukan yang ramah lingkungan. Salah satunya melalui penyusunan kerangka kebijakan untuk pasar karbon, penentuan harga karbon, mekanisme perdagangan karbon, serta kebijakan pajak karbon. Dok. Media Indonesia

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *