PLBN Sota Jadi Awal Kebangkitan Pertumbuhan Ekonomi Papua

Jakarta: Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tito Karnavian optimistis Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota, Merauke, Papua, berdampak positif terhadap perekonomian di Bumi Cendrawasih. Posisi PLBN Sota sangat strategis dengan aktivitas warga lokal.
 
“Kehadiran PLBN Sota merupakan awal dari pengembangan kawasan PLBN Sota sebagai kawasan pusat pertumbuhan ekonomi baru di perbatasan negara,“ kata Tito dalam keterangan tertulis, Minggu, 3 Oktober 2021.
 
Tito mengatakan dalam konteks perdagangan perbatasan, jumlah pelintas dari Distrik Weam, Western Province, Papua Nugini ke Papua berkisar 350 orang. Mereka kerap membeli kebutuhan sehari-hari, produk pertanian, perkebunan, dan tanaman pangan dari Pasar PLBN Sota dalam delapan bulan terakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Ini menjadi peluang bagi pelaku usaha dan wirausaha lokal untuk berperan memenuhi kebutuhan kurang lebih 201.351 warga Western Province secara berkesinambungan,” ujar Menteri Dalam Negeri itu.
 
Tito menyebut Kabupaten Merauke dijuluki lumbung tanaman padi terbesar di Papua. Hal itu terbukti saat mereka mengekspor 15 ribu ton beras ke Daru, Ibu Kota Western Province, melalui Pelabuhan Torasi.
 
“Hal ini perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk menjadi pemasok, terutama produk-produk pertanian,” papar dia.
 
Baca: Presiden Harap PLBN Sota Merauke Buat Warga Makin Cinta Indonesia
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan PLBN Terpadu Sota, Merauke, Papua. Jokowi ingin PLBN tersebut memberi pelayanan yang lebih baik dan menghadirkan rasa nyaman bagi masyarakat Indonesia.
 
“Serta membuat masyarakat perbatasan semakin cinta dan bangga terhadap negara kita Indonesia,” kata Jokowi.
 
PLBN Sota seluas 5,6 hektare dengan nilai investasi Rp114,04 miliar merupakan PLBN kedelapan yang dibangun di perbatasan Indonesia pada 2019. Khusus di Papua, PLBN Sota menjadi yang kedua dibangun setelah PLBN Skouw di Jayapura.
 
Jokowi menyampaikan pembangunan pos lintas batas harus bisa dirasakan di daerah-daerah terdepan yang bertetangga dengan negara lain. Pembangunan pos lintas batas itu dengan wajah baru perbaikan pelayanan untuk masyarakat.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *