Idealisme Dianggap Perlu Ditegakkan di Tengah Pragmatisme Politik

Jakarta: Wakil Ketua MPR sekaligus Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengajak publik untuk menjaga idealisme. Hal ini penting dalam meneruskan semangat juang pergerakan di tengah gempuran pragmatisme politik. 
 
Masalah ini disinggung Muzani dalam Musyawarah Daerah PD Tunas Indonesia Raya (Tidar) Sumatra Utara (Sumut) di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sabtu, 2 Oktober 2021. Muzani mengingatkan idealisme menjadi kunci dalam regenerasi untuk menjaga eksistensi partai.
 
“Itu sebabnya kontinuitas kepemimpin, regenerasi, dan kaderisasi sangat diperlukan untuk menjaga perjuangan kita. Idealisme adalah sebuah cara yang akan kita junjung tinggi. Cita-cita kita akan terus diperjuangkan dengan mengedepankan kepentingan rakyat,” kata Muzani dalam keterangan tertulis, Minggu, 3 Oktober 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Menurut dia, memperjuangkan idealisme politik bukan hal mudah. Pasalnya, perjuang politik sering kali terkendala jebakan pragmatisme. Kesadaran untuk memperjuangkan kepentingan rakyat amat diperlukan untuk menghindari jebakan ini,
 
Baca: Gerindra Belum Menentukan Sikap Terkait Waktu Pencoblosan Pemilu 2024
 
“Masalahnya idealisme kita sering terbentur dengan realitas politik. Idealisme berpolitik kita itu sering bertabrakan dengan pragmatisme politik. Inilah yang menyebabkan idealisme kita luntur dan hanya menjadi sebuah slogan. Ini yang menyebabkan politik sering dijauhkan oleh masyarakat kita,” ujar dia. 
 
Dia mengingatkan pengurus partai, baik di eksekutif maupun legislatif hingga pengurus pusat dan daerah, tidak boleh menjadi belantik politik. Pasalnya, hal itu hanya akan menyebabkan kemunduran dan keburukan dalam upaya membangun bangsa dan negara Indonesia. 
 
Dalam musyawarah daerah, Tia Anggraini terpilih menjadi ketua PD Tidar Sumut menggantikan Ichwan Ritonga. Acara ini turut dihadiri sejumlah anggota DPR Gerindra, seperti Muhammad Raden Syafii, Gus Irawan Pasaribu, dan Djohar Arifin. Hadir pula Waketum DPP Partai Gerindra Mayjen (Purn) Musa Bangun dan Rahayu Saraswati, Ketum PP Tidar Aryo Djojohadikusumo, Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman, serta Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Frima.

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *