GoTo Luncukan Langkah Besar Dukung UMKM Lokal

Jakarta: GoTo, grup teknologi hasil kombinasi Gojek dan Tokopedia dan GoTo financial mengumumkan langkah besar untuk mendukung UMKM lokal bertumbuh dan berdayya di tengah kondisi pandemi lewat program #BangkitBersama yang merupakan inisiatif lengkap dan holistik.
 
Hal tersebut terungkap dari keterlibatan UMKM lokal, konsumen, dan mitra driver yang dirancang menciptakan hubungan saling menguntungkan. Mereka mengklaim saat ini ada lebih dari empat juta UMKM yang mengandalkan ekosistem dari GoTo untuk go-digital.
 
“Dengan semangat kolaborasi dan resiliensi, GoTo berusaha berkontribusi untuk pemulihan ekonomi dan inilah yang menjadi alasan lahirnya bangkit bersama. Kami lihat digitalisasi punya peran penting mengubah usaha offline yang tidak bisa buka karena pandemi bisa dijembatani,” ujar CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial, Andre Sulistyo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

GoTo mengklaim kondisi pandemi memukul UMKM di bidang kuliner sebanyak 43,09 persen, bidang hasa 26,02 persen, dan fashion 13,01 menurut riset SMESCO di tahun 2020. Program ini tidak dilakukan sendiri oleh GoTo tapi juga ragam stakeholder.
 
#BangkitBersama didukung oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Pemerintah Daerah.
 
Peresmian GOTO UMKM Center dan peluncuran program #BangkitBersama berlangsung di Solo Technopark, Surakarta, diresmikan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.
 
CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial Andre Soelistyo, dan CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya serta Komisaris Utama GoTo, Garibaldi Thohir dan Wishnutama Kusubandio juga ikut hadir dalam peresmian. Di kesempatan ini disampaikan beberapa langkah yang ada di dalam program #BangkitBersama.
 
Poin pertama, inisiatif hyperlocal memaksimalkan eksposur UMKM yaitu mendekatkan masyarakat dengan produk UMKM setempat lewat inovasi yang menerapkan teknologi geo-tagging supaya memenuhi kebutuhan harian bisa lebih efisien dan UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.
 
Poin kedua adalah pemberdayaan UMKM untuk membuka lapangan kerja. Di sini diberikan solusi komprehensif berupa infrastruktur edukasi yang melengkapi solusi teknologi. Bantu UMKM lebih berdaya dan tumbuh lebih cepat, termasuk program edukasi kompetensi kewirausahaan dan digital serta menggandeng Inkubasi Bisnis bersama Universitas Sebelas Maret.
 
GoTo menjanjikan dukungan kepada mitra driver yang sudah berperan menyampaikan produk UMKM ke konsumen. Mereka akan mendapatkan dukungan ekonomi serta kesehatan agar tetap produktif.  Bagi UMKM, Tokopedia juga akan membantu isu operasional lewat fitur TokoCabang.
 
Tidak terbatas bagi UMKM dan mitra driver, GoTo juga berkolaborasi dengan BenihBaik.com mendistribukasi paket sembako dari donasi pengguna Tokopedia untuk masyarakat pra-sejahtera dan berbagai inisiatif membantu masyarakat terpapar COVID-19 seperti Rumah Oksigen Gotong Royong dan donasi 1.100 konsentrator oksigen.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *