[Cek Fakta] Seorang Ayah Kandung Nikahi Putrinya Sang Ibu Pasrah? Ini Faktanya

Beredar sebuah narasi bahwa seorang ayah kandung menikahi putrinya. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Keluarga Sehat yang turut mengunggah link wajibboco.xyz dengan artikel berisi narasi tersebut, 1 Oktober 2021. Berikut narasi selengkapnya:

“Dunia Mau Kiamat, Seorang Ayah Kandung Nekat Nikahi Putrinya, Sang Ibu Hanya Pasrah.”

Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 236 emotikon, 62 komentar dan 23 kali dibagikan.
 

[Cek Fakta] Seorang Ayah Kandung Nikahi Putrinya Sang Ibu Pasrah? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

Benarkah demikian?

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa seorang ayah kandung menikahi putrinya, adalah salah. Faktanya, narasi pada artikel itu telah diedit.
 
Artikel yang dimuat di laman wajibbco.xyz itu berasal dari situs keepo.me. Pada judul artikel wajibboco.xyz terdapat penambahan kata “kandung”.
 
Sementara dari artikel aslinya dari situs keepo.me, tidak terdapat kata “kandung” pada judul. Pula saat kami mengecek isi artikel secara keseluruhan.
 

[Cek Fakta] Seorang Ayah Kandung Nikahi Putrinya Sang Ibu Pasrah? Ini Faktanya
 

Artikel itu sebenarnya mengulas peristiwa pada 2018 lalu di Indragiri Hilir, Riau. Seorang pria bernama ZA (48) dilaporkan menghamili putri tirinya yang berusia 13 tahun.
 
Informasi senada juga dimuat tribunnews.com pada Selasa 20 November 2018. Perbuatan tak senonoh ini terungkap setelah paman korban, Bah (44) ke Mapolres Inhil, Senin (18/11/2018) sekira pukul 14.00 WIB.

“Pelapor merasa tidak senang dan melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwajib,” ujar Kapolres Inhil AKBP Christian Rony, S.IK, MH melalui Kasubbag Humas Polres Inhil AKP Syafril Joni, SE.

 
[Cek Fakta] Seorang Ayah Kandung Nikahi Putrinya Sang Ibu Pasrah? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa seorang ayah kandung menikahi putrinya, adalah salah. Faktanya, narasi pada artikel itu telah diedit.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.
 

[Cek Fakta] Seorang Ayah Kandung Nikahi Putrinya Sang Ibu Pasrah? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://keepo.me/viral/seorang-ayah-nekat-nikahi-putrinya/?utm_source=Line&utm_medium=Linetoday&utm_campaign=Aggregator
https://www.tribunnews.com/regional/2018/11/20/saya-pasrah-jika-suami-harus-menikahi-putri-saya-yang-sedang-mengandung-anak-darinya
https://www.wajibboco.xyz/2021/04/dunia-mau-kiamat-seorang-ayah-kandung.html?fbclid=IwAR253jh7donb2go2wWLbtppM22fXwEX9QVVuy0X2jSbMckpWXK2hknsqwTw
https://www.facebook.com/Resepkeluargasehat/posts/3122238084765623
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *