Motor Listrik BL SEV01 dari Universitas Budi Luhur Sukses Touring Jakarta Mandalika

Suara.com – Universitas Budi Luhur berhasil menggelar test ride motor listrik Sport Electric Vehicle 01 atau BL-SEV01 dengan rute Jakarta – Mandalika.

Motor listrik BL-SEVO1 sukses memecahkan rekor dengan touring sejauh 1.340 km. Keberhasilan ini diklaim menjadi bukti nyata kemampuan kendaraan listrik karya anak bangsa.

“Pengujian jarak jauh ini sangat dibutuhkan motor listrik BL-SEV01 untuk ketahanan baterai dan performa. Selama perjalanan, tim Universitas Budi Luhur mengambil data teknis dari BL-SEV01 terhadap kontur jalan di Indonesia yang beragam mulai dari jalanan rata, jalan rusak, sampai jalur pegunungan,” jelas Sujono, Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, dalam keterangannya, Sabtu (2/10/2021).

BL-SEV01 dilengkapi dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga maksimal mencapai 16 kW, didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Baca Juga: Wikon Kini Kuasai 100 Persen Saham Produsen Motor Listrik Gesits

Sujono mengatakan motor listrik BL-SEV01 membawa tiga set baterai yang masing-masing mampu menempuh jarak 100 km sampai 140 km saat terisi penuh. Satu baterai, butuh waktu empat jam agar penuh.

Agar mempermudah perjalanan dan menghemat waktu maka, motor listrik itu menerapkan sistem sistem swab atau tukar baterai. Dalam satu hari, BL-SEV01 menempuh perjalanan kurang lebih 300 kilometer.

Pihak Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur memilih rute Jakarta – Mandalika karena Universitas Budi Luhur mendukung penuh keberadaan sirkuit baru Mandalika dengan standar untuk menggelar MotoGP ataupun WSBK.

Keberadaan Sirkuit Mandalika juga sejalan dengan konsep BL-SEV01 yang mengusung model sport dan sangat cocok untuk dikendarai di lintasan sirkuit.

“BL-SEV01 telah melakukan uji coba di Sirkuit Internasional Sentul Bogor dengan top speed mencapai 140 kilometer per jam di lintasan lurus,” tegas Sujono.

Baca Juga: Ojek Online Diharapkan Pakai Motor Listrik

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *