Lestari Moerdijat: Pancasila Mampu Menjawab Berbagai Tantangan

Jakarta: Hari Kesaktian Pancasila diminta tak hanya sekadar seremonial belaka. Peringatan yang diselenggarakan setiap 1 Oktober ini harus menjadi momentum mempertebal keyakinan bahwa Pancasila mampu menjawab berbagai tantangan di masa kini dan mendatang.
 
“Kegigihan para pendahulu kita dalam mempertahankan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Pancasila patut diteladani sekaligus kita amalkan dalam menghadapi berbagai tantangan saat ini,” kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, 2 Oktober 2021.
 
Nilai gotong-royong, persatuan, kemanusiaan, dan cinta Tanah Air yang terkandung dalam Pancaila sangat relevan untuk dibangkitkan dalam menjawab tantangan di masa pandemi covid-19. Salah satunya bersama-sama menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Menurut dia, implementasi prokes dianggap bagian dari pengorbanan yang dilakukan masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang berkorban hingga kehilangan pekerjaan, usaha terpaksa tutup, hingga putus sekolah karena terdampak sejumlah kebijakan tersebut.
 
Baca: Konsistensi Prokes Mutlak di Tengah Ancaman Gelombang Ketiga Covid-19
 
Dia meminta agar pengorbanan seluruh elemen bangsa dalam mewujudkan tren penurunan jumlah kasus positif covid-19 dihargai. Salah satunya, konsisten peduli menerapkan prokes.
 
“Dan menjaga jangan sampai terjadi lonjakan kasus lagi,” ungkap dia.
 
Selain itu, masyarakat diminta tetap membatasi mobilitas dan disiplin melaksanakan prokes. Sehingga, Indonesia terhindar dari ancaman lonjakan kasus positif covid-19 di masa datang.
 
“Bagi para pemangku kepentingan terus upayakan testing dan tracing secara masif untuk mempercepat pengendalian covid-19 di tanah air,” ujar dia.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *