Review & Sinopsis Assalamualaikum Calon Imam (2019)

Perjalanan cinta setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang dengan mudah memperoleh jodohnya meskipun tak banyak berusaha, namun ada juga yang berusaha mati-matian mengejar jodoh tapi ternyata bertemu dengan orang yang salah. Isu percintaan yang rumit menjadi pembahasan yang seru diangkat dalam kisah sinetron. Begitu juga dalam drama Indonesia yang merupakan Viu Original Series Assalamualaikum Calon Imam.

Dalam drama Indonesia yang terdiri dari 13 episode yang dapat ditonton di aplikasi Viu ini mengangkat kisah Fisya, gadis yang terjebak dalam kisah cinta rumit. Sepanjang episode penonton akan diajak mengikuti kisah cinta Fisya yang nggak bisa dibilang mulus. Penonton juga akan turut diajak bersama-sama larut dalam kegalauan hati Fisya saat mencari calon imam di usianya yang sudah bisa dibilang siap untuk menikah.

Nah, sebelum nonton Assalamualaikum Calon Imam, baca sinopsis dan review-nya berikut ini, yuk!

Sinopsis

Review & Sinopsis Assalamualaikum Calon Imam (2019) 1

Fisya (Mentari de Marelle) sudah lama memendam rasa kepada Jidan (Baskara Mehendra), sahabatnya sejak masih kecil. Sayangnya, cinta Fisya bertepuk sebelah tangan lantaran Jidan justru menyukai kakak Fisya, Salsya (Kezia Aletheia).

Patah hati karena cintanya tak berbalasa, Fisya berusaha move on melupakan Jidan. Di tengah usahanya untuk move on, gadis itu bertemu dengan Alif (Miller Khan), dosen tampan yang mengajar di kampus Fisya.

Alif bukan cuma sekadar dosen, pria tersebut juga berprofesi sebagai dokter. Alif bekerja di rumah sakit yang sama dengan kakak tiri Fisya, Nayla (Ira Ilva Sari), dan suaminya, Kahfa (Dwi Surya). Dari perkenalan singkat, Alif dan Fisya akhirnya bersahabat. Seiring berjalannya waktu, Alif pun menaruh hati kepada Fisya sampai akhirnya ia memberanikan diri untuk melamar gadis itu. Sayangnya, Fisya tak kunjung memberikan jawaban kepada Alif.

Di sisi lain, Jidan dan Salsya akhirnya akan menikah. Pernikahan antara kakak dan pria yang dicintainya ini tentu membuat kegalauan hati Fisya semakin menjadi. Akhirnya, Fisya memutuskan untuk pergi ke luar negeri sebagai usahanya ‘melarikan diri’ dari patah hatinya.

Tak disangka, keputusan Fisya untuk hijrah ke luar negeri ini membuat hati Jidan galau. Tanpa disadari Jidan mulai mempertanyakan perasaannya sendiri. Ia mulai bertanya-tanya tentang siapa yang sebenarnya ia cintai, Fisya atau Salsya?

Angkat Kisah Cinta Pelik tapi Umum Dialami Masyarakat

Angkat Kisah Cinta Pelik tapi Umum Dialami Masyarakat__1

Perjalanan cinta Fisya terbilang cukup pelik. Awalnya, ia merasa Jidan memiliki perasaan yang sama dengannya. Namun, kenyataan berkata lain karena pemuda yang ia sukai justru mencintai kakaknya sendiri.

Nggak sedikit orang yang sering terjebak dalam skenario atau pemikirannya sendiri, seperti yang Fisya alami. Kemudian, ia juga ‘dipaksa’ untuk mengalah dengan perasaannya demi kebahagiaan orang yang ia cintai.

Kisah yang dialami Fisya tentu banyak juga dialami oleh orang-orang di luar sana. Pemilihan jalan cerita dengan kisah cinta yang pelik tapi umum dialami masyarakat ini membuat seri web Assalamualaikum Calon Imam memiliki jalan cerita yang cukup ringan dan nggak terlalu berat.

Mentari de Marelle, Aktris Underrated yang Aktingnya Cukup Mumpuni

Review & Sinopsis Assalamualaikum Calon Imam (2019) 4

Mentari de Marelle sebenarnya bukan nama baru dalam dunia sinetron dan perfilman. Ia memulai debutnya sebagai GADIS Sampul di tahun 2011. Setelah itu, dara kelahiran 28 Januari 1997 ini mulai merambah dunia film dan sinetron pada tahun 2014. Wajah Mentari memang lebih sering terlihat di FTV ketimbang di film layar lebar.

Pemilihan Mentari de Marelle sebagai pemeran utama di seri web Mentari De Marelle adalah ide yang cukup baik. Meskipun Mentari tergolong sebagai aktris underrated, tetapi ia mempunyai kemampuan akting yang mumpuni. Akting Mentari terbilang natural dan nggak lebay.

Dalam serial ini, Mentari sangat menjiwai perannya sebagai Fisya, gadis usia 20-an yang sedang merasakan kegalauan hati akibat kisah cinta yang rumit.

Pengambilan Gambar Sekelas Film Layar Lebar

Review & Sinopsis Assalamualaikum Calon Imam (2019) 6

Biasanya, seri web pada umumnya digarap dengan kurang serius sehingga hasilnya terlihat seperti sinetron yang biasa ditayangkan di stasiun televisi nasional, terkesan biasa saja dan nggak ada yang spesial. Namun ketika menyaksikan Assalamualaikum Calon Imam, penonton akan merasakan sensasi menonton film layar lebar yang dibagi menjadi beberapa episode.

Walaupun tergolong sebagai serial, Assalamualaikum Calon Imam digarap dengan cukup serius oleh para krunya. Hal ini bisa dilihat dari pemilihan lokasi syuting sampai teknik pengambilan gambar yang sekelas layar lebar.

Selain itu, artis dan aktor yang memainkannya pun sangat serius dan menjiwai. Tidak heran jika seri ini berhasil meraih penghargaan di Asian Academy Creative Awards untuk 4 kategori yaitu Best Original Screenplay (Evelyn Afnilia), Best Original Program by a Streamer / OOT, Best Actor in a Leading Role (Miller Khan), dan Best Actor in a Supporting Role (Baskara Mahendra).

Sejauh ini, Assalamualaikum Calon Imam bisa menjadi rekomendasi tontonan ringan yang cukup menghibur. Kamu nggak akan frustasi dan berpikir terlalu keras ketika menonton seri web ini. Dan kabar baiknya, Assalamualaikum Calon Imam season 2 sudah mulai diproduksi sejak tanggal 24 Maret 2021.

Pemainnya masih tetap sama dengan season pertama dengan melibatkan berbagai karakter baru yang akan diperankan oleh Rizky Alatas, Marthino Lio, Indah Kusuma, dan Roy Sungkono. Sedangkan fokus ceritanya tentang kehidupan pernikahan antara Alif dan Fisya. Gimana cerita bahtera rumah tangga mereka? Apakah mereka berhasil mengarungi samudra yang bernama ujian? Wah perlu sabar menunggu hingga akhir tahun baru bisa tahu ceritanya.

Sambil menunggu, kamu bisa menyaksikan Assalamualaikum Calon Imam season pertama di VIU untuk mengikuti cerita sebelum mereka menikah. Kalau sudah beres menonton Assalamualaikum Calon Imam, kamu bisa menonton Assalamualaikum Calon Imam season 2 nantinya.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *