Bukan tentang Perempuan, Ternyata Ini Makna Lagu “Melati dari Jayagiri” Karya Abah Iwan

Jakarta: Iwan Abdulrachman berbagi kisah mengenai perjalanan hidupnya dalam acara The Legend di Metro TV. Selain menjalani hobi pecinta alam yang digemarinya, ia dikenal sebagai salah seorang pencipta lagu yang indah dan mempunyai ciri khas tersendiri.
 
Lagu “Melati dari Jayagiri” yang dinyanyikan oleh Bimbo contohnya. Lagu ini merupakan salah satu lagu ciptaan Abah Iwan yang dibuat pada Maret 1968. Saat itu dia sedang berada di puncak gunung.
 
Bait lirik yang sangat indah membuat para penikmat musik dibuat takjub. Abah Iwan mengatakan bahwa lagu “Melati dari Jayagiri” bukanlah lagu tentang perempuan. Melainkan berkisah tentang pohon-pohon yang memeluk kala kedinginan dan ketakutan saat di hutan. Kehadiran pohon itu seolah memberi perlindungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Ada sebait lirik lagu yang mempunyai arti yang sangat dalam yaitu,”Mentari kelak kan tenggelam, gelap kan datang dingin mencekam” yang menurut Abah Iwan artinya dalam hidup ini matahari tidak akan bersinar terang selamanya. Ada kalanya dia akan tenggelam dan muncul kegelapan.
 
Di balik semua itu akan ada cahaya bintang di langit yang akan disebut sebuah harapan dalam hati untuk tetap kuat menghadapi kegelapan dan menunggu sampai matahari terbit esok hari.
 
Seperti juga kehidupan, jangan pernah menyerah jika suatu saat dihadapkan dalam kesusahan karena yakin bahwa suatu saat kesusahan itu akan diganti oleh titik terang kebahagiaan.
 
Iwan Abdulrachman atau yang akrab disapa Abah Iwan adalah seorang musisi yang pernah bergabung dalam grup Bimbo. Iwan akhirnya mengundurkan diri dan menciptakan berbagai lagu.
 
Inspirasi lagu Abah Iwan berangkat dari kecintaannya terhadap keindahan alam dan pegunungan. Abah Iwan juga bergabung bersama organisasi pecinta alam Wanadri dan pernah membantu KOPASSUS dalam ekspedisi pembebasan peneliti asing di Papua.
 
(Putri Purnama Sari)
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *