Abah Iwan Gabung Wanadri karena Saking Cintanya dengan Alam

Jakarta: Kecintaannya terhadap alam dan gunung membuat musisi Iwan Abdulrachman bergabung bersama Wanadri sejak tahun 1964. Karena tergabung dalam masa awal, Abah Iwan termasuk pendiri Wanadri.
 
Wanadri adalah Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung yang  didirikan pada tanggal 17 Januari 1964. Nama Wanadri berasal dari bahasa Sansekerta yakni “Wana” yang berarti hutan dan “Adri” yang berarti gunung sehingga secara harfiah Wanadri berarti gunung di tengah-tengah hutan.
 
“Wanadri adalah organisasi volunteer yang tugasnya sangat berbahaya dan membutuhkan kemauan serta totalitas jiwa raga,” kata Abah Iwan dalam program The Legend Metro TV, Jumat, 1 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Abah Iwan dan juga Wanadri sering kali membantu pada saat terjadi bencana alam, maupun kecelakaan yang terjadi di Gunung. Seperti hilangnya pendaki dan hal yang berhubungan dengan alam.
 
Selama mendaki gunung, Abah Iwan mengaku seperti melihat keindahan nyata karya Tuhan yang sangat menakjubkan. Itulah sebabnya, gunung dan alam adalah hal yang sangat dikagumi sejak kecil.
 
Ada banyak pelajaran hidup yang dirasakan Abah Iwan ketika dirinya mendaki gunung tertinggi di dunia. Mulai dari pengalaman hidup dan mati, melihat kesombongan para pendaki, hingga bertemu binatang buas, semua itu telah dilaluinya.
 
Tahun 1996, Abah Iwan bersama beberapa anggota Wanadri dan PMI membantu Komandan Pasukan Khusus (Kopassus) dalam ekspedisi pembebasan peneliti asing di hutan Papua dan menjadi salah satu operasi penyelamatan sandera yang terbaik di dunia karena mendapat pujian dunia Internasional.
 
Pengalaman berharga dirasakan Abah Iwan ketika bisa menjadi anggota Wanadri dan ikut serta dalam membantu banyak orang yang membuatnya selalu merasa mensyukuri hidup dan lebih menghargai alam ciptaan Tuhan.
 
(Putri Purnama Sari)
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *