Memasuki Cuaca Ekstrem, Perhatikan Bagian Kelistrikan dan Karet-karet Mobil

Suara.com – Saat ini, wilayah Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya tengah dilanda cuaca ekstrem yang bisa membawa dampak tertentu pada kondisi mobil. Ada pengaruh tertentu sehingga kinerjanya bisa kurang optimal.

Menurut Brand Ambassador Mitsubishi Motors, Rifat Sungkar, dalam kondisi cuaca ekstrem seperti ini, ada beberapa bagian mobil yang perlu mendapat perhatian khusus. Yakni bagian kelistrikan dan komponen berbahan karet.

“Untuk cuaca ekstrem, yang bisa saja terjadi minggu depan, kita bisa lakukan antisipasi. Bagian kelistrikan atau electric circuit dan karet memiliki korelasi atau hubungan dengan temperatur panas tinggi. Sistem kelistrikan dan karet-kareet jadi perhatian utama dalam mengatasi cuaca ekstrem,” ujar Rifat Sungkar, dalam acara virtual bersama Mitsubishi.

Pemakaian wiper di saat hujan, gerakan berulang, bisa jadi ada kotoran atau debris tajam ikut menggores permukaaan. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/astrakanimages].
Pemakaian wiper di saat hujan. Sebagai ilustrasi [Envato Elements/astrakanimages].

Lebih lanjut dijelaskan Rifat, bagian wiper dan ban harus diperhatikan. Apalagi wiper yang kondisinya tidak tahu kapan pastinya harus diganti.

Baca Juga: Rolls-Royce Kenalkan Mobil Listrik Murni Spectre, Siap Produksi 2023

Sedangkan soal ban mobil, kepedulian bukan soal kapan ban rusak atau tidak layak pakai. Akan tetapi lebih condong kepada grip atau daya cengkeram ketika melewati jalan raya dalam kondisi hujan.

Jadi sebaiknya diusahakan melakukan penyilangan ban saat sudah mencapai jarak 10.000 km.

“Silang ban berbentuk X, jadi kiri depan ke kanan belakang dan kanan depan ke kiri belakang,” terang Rifat Sungkar.

Kemudian bagian terakhir adalah kaca depan mobil. Saat terkena hujan, kaca mobil disarankan untuk langsung dicuci dengan air di rumah.

Sebab dalam air hujan terdapat banyak kandungan zat asam yang bisa membuat kaca mudah berjamur.

Baca Juga: Tips Melewati Jalan Berbelok Saat Touring Motor, Nomor 9 Antisipasi Kendaraan Berlawanan

“Jadi setiap terkena air hujan, langsung dicuci dengan air di rumah dan lebih baik lagi langsung dilap atau nyalakan wiper. Sebenarnya air tanah juga punya unsur asam, tapi tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan air hujan,” tutup pereli nasional dan pengurus IMI Pusat ini.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *