Kampung Berseri Astra, Dari Ekspor Kopi dan Bulu Mata Sampai Apresiasi Menparekraf

Suara.com – Menyebut nama Kampung Berseri Astra (KBA) dan Desa Sejahtera Astra (DSA) adalah kawasan permukiman binaan PT Astra International Tbk., dengan berbagai pelatihan peningkatan taraf hidup. Utamanya sektor perekonomian, dan beberapa penunjang lain. Seperti beberapa saat lalu diberikan pembekalan bidang otomotif. Seperti cara mengemudikan dan merawat sepeda motor oleh perusahaan otomotif roda dua di bawah bendera Astra. Juga sosialisasi patuh berlalu lintas.

Kekinian, dalam wadah Semangat Membangun Bangsa, Bangga Menjadi Bangsa Indonesia, dalam rangka Hari Pariwisata Sedunia serta mendukung penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Nasional dan Pekan Olahraga Tradisional yang berlangsung September hingga Oktober 2021, digelar Semarak KBA.

Sebaran program Desa Sejahtera Astra [Dok Astra].
Sebaran program Desa Sejahtera Astra [Dok Astra].

Dipetik dari rilis resmi Astra, sebagaimana diterima Suara.com, acara ini adalah hasil kolaborasi Astra dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf), Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia serta Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia dan secara virtual berlangsung Rabu (29/9/2021).

Beberapa pencapaian seru yang dipaparkan antara lain datang dari DSA Purworejo, Jawa Tengah bersama Kementerian Perdagangan Republik Indonesiatelah mengekspor 30.000 bulu mata palsu ke Turki, Zimbabwe, dan Amerika Serikat dengan nilai 30.000 dolar Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Asuransi Astra Luncurkan Garda Healthtech, Kolaborasi Bersama Halodoc

Sementara dari DSA Temanggung yang berada di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah dan berlokasi di dataran tinggi Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Prau, biji kopi yang dihasilkan menembus pasar luar negeri.

Lantas KBA Tanon, Semarang, Jawa Tengah menyuguhkan paket kunjungan desa wisata, budaya dan pembelajaran yang menyediakan pagelaran seni, outbond ndeso, serta permainan tradisional yang menjadi sumber tambahan penghasilan masyarakat setempat.

PT Astra International Tbk melaksanakan acara Kick Off "Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas" di Gedung Pusat Astra di Jalan Gaya Motor Raya Jakarta, Selasa (15/4). [suara.com/Adrian Mahakam]
PT Astra International Tbk melaksanakan acara Kick Off “Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas” di Gedung Pusat Astra di Jalan Gaya Motor Raya Jakarta. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Adrian Mahakam]

Dari sayembara KBA/DSA Super Prioritas 2020, KBA Tanon dan DSA Temanggung terpilih sebagai KBA/DSA Super Prioritas 2020. Untuk tahun ini, Astra dan Kemenparekraf kembali mengajak masyarakat KBA/DSA mengajukan proposal untuk menjadi Kampung/Desa Super Prioritas 2021 dan akan dilakukan pembangunan landmark atau ikon untuk pemenang KBA/DSA Super Prioritas.

Selain itu, Astra juga meluncurkan Gugus DSA “Astra Tourism & Craft Academy” yang berlangsung hingga Desember 2021. Acara dengan para peserta tokoh penggerak KBA Wisata dan DSA dengan produk unggulan wisata ini memiliki tujuan antara lain meningkatkan kapasitas KBA/DSA subgugus wisata, kriya dan budaya, membantu pemulihan ekonomi dan meningkatkan pendapatan usaha serta membantu sektor wisata.

Turut hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno, Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Indra Ni Tua, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Republik Indonesia Raden Isnanta serta Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Baca Juga: Pelanggan di Jawa Barat Meningkat, Asuransi Astra Buka Cabang di Karawang

“Pariwisata pasca pandemi harus bisa beradaptasi besar-besaran. Kami turut mengapresiasi Desa Sejahtera Astra Wisata Muncar Temanggung karena sudah melakukan upaya pengembangan desa wisata yang signifikan,” sambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno.

Sementara Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah menyatakan, “Sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Astra mengintegrasikan implementasi empat pilar kontribusi sosial Astra dalam bentuk KBA dan DSA.”

Dalam menjalankan program ini, disebutkan bahwa Astra melakukan berbagai macam kegiatan yang meliputi pelatihan dan pendampingan, penguatan kelembagaan, bantuan sarana, prasarana, dan fasilitasi modal, dukungan pemasaran, hingga pembentukan role model KBA dan DSA mandiri.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *