8 Tim PKM Unpad Lolos Pimnas Tahun Ini

Bandung: Sebanyak delapan tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Padjadjaran (Unpad) dinyatakan lolos mengikuti ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau Pimnas ke-34 secara virtual, 26-30 Oktober 2021. Tahun ini, Pimnas diselenggarakan di Universitas Sumatra Utara (USU).
 
“Jumlah tim PKM Unpad yang lolos ke Pimnas merupakan peraihan yang cukup menggembirakan. Jumlah tim yang lolos ke Pimnas meningkat dibanding tahun lalu,” ujar Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam, mengutip siaran pers Unpad, Kamis, 30 September 2021.
 
Tahun ini, Unpad mengirimkan 429 proposal PKM. Dari jumlah tersebut, sebanyak 47 proposal PKM bidang Riset Eksakta (RE), Riset Sosio Humaniora (RSH), Kewirausahaan (K), Karsa Cipta (KC), Pengabdian Masyarakat (PM), dan Gagasan Futuristik Konstruktif (GFK) berhasil memperoleh pendanaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Baca: Mahasiswa Vokasi UI Raih Emas dan Perak Sepatu Roda PON Papua
 
Selain itu, sebanyak 11 proposal PKM bidang Artikel Ilmiah (AI) berhasil mendapatkan insentif. Setelah menjalani proses monev eksternal, sebanyak delapan tim PKM dinyatakan lolos mengikuti Pimnas. Delapan tim tersebut terdiri dari satu tim PKM-K, dan tujuh PKM-RE.
 
Boy menjelaskan, untuk meningkatkan kesiapan berlaga di Pimnas, setiap tim akan dilakukan pemantapan oleh universitas. Proses pemantapan yang diberikan berupa latihan presentasi, latihan tanya jawab, hingga pendampingan pembuatan poster maupun hal-hal lain yang diperlukan. Pihak direktorat juga siap memfasilitasi asrama jika tim memerlukan lokasi untuk pemantapan.
 
“Target Unpad pada Pimnas tahun 2021 adalah perolehan medali dari beberapa skema PKM, sehingga Unpad dapat berada di jajaran 10 besar untuk ajang PKM,” kata Boy.
 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *