Wapres: Vaksinasi Bentuk Ikhtiar Menghadapi Pandemi

Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak masyarakat aktif mengikuti vaksinasi covid-19. Pemberian vaksin diperlukan untuk membentuk kekebalan komunal atau herd immunity di tengah krisis pandemi covid-19.
 
Vaksinasi salah satu bentuk ikhtiar kita dalam menghadapi pandemi covid-19,” kata Ma’ruf saat meninjau sentra vaksinasi Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) di Masjid Al-Jabbar Bandung, Rabu, 29 September 2021.
 
Eks Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu berterima kasih kepada berbagai pihak yang terlibat dalam vaksinasi. Di sisi lain, dia mengingatkan meski sudah divaksinasi dan angka penularan turun, warga harus tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Saya minta peran aktif semua pihak untuk bersama-sama dengan pemerintah pusat dan pemda (pemerintah daerah) melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat, serta menjadi role model perubahan perilaku hidup sehat di masyarakat,” ujar Wapres.
 
Baca: Cegah Klaster PTM, Pemprov DKI Gelar Tes PCR di 46 Sekolah
 
Sentra vaksinasi di Masjid Al-Jabbar Bandung diselenggarakan pada 23-29 Agustus 2021 untuk dosis pertama dan 23-29 September 2021 untuk dosis kedua. Sasaran penerima vaksin di sentra tersebut, yakni 10.409 orang dengan 1.300 target dari pekerja industri, konstruksi, pelajar, dan masyarakat sekitar.
 
Jenis vaksin yang digunakan ialah Sinovac dan Sinopharm. Vaksinasi melibatkan 59 tenaga kesehatan penyuntik dari Dinas Kesehatan Provinsi Jabar, Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jabar, serta 47 orang relawan.

Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk “Vaksin untuk Indonesia”. Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti “obat” atau “anti-virus”, tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
“Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema ‘Vaksin untuk Indonesia’. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi,” terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program “Vaksin untuk Indonesia” tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 

 
Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *