Wapres lakukan kunjungan kerja ke Jawa Barat

Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin bertolak ke Jawa Barat, Rabu pagi, untuk melakukan kunjungan kerja yakni meninjau agrowisata urban framing dan sentra vaksinasi COVID-19, serta memimpin rapat Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem.

Wapres beserta rombongan terbatas berangkat dari Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta pukul 07.00 WIB Pangkalan Udara TNI AU Husein Sastranegara, Jawa Barat.

Setibanya di Bandung, Wapres disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, perwakilan pimpinan DPRD Jawa Barat, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto dan Kepala Polda Jawa Barat Irjen Pol Ahmad Dofiri.

Selanjutnya, dengan menggunakan kendaraan mobil, Wapres Ma’ruf menuju Agrowisata Urban Farming Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Miskin di Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo.

Wapres akan melihat langsung kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat di kota Parahyangan tersebut.

Baca juga: Stafsus Wapres dorong platform digital tingkatkan ekspor UMKM
Baca juga: Wapres jadwalkan kunjungan kerja ke daerah miskin ekstrem
Baca juga: Wapres meminta program penyelesaian kemiskinan ekstrem tepat sasaran

Kemudian, Wapres beserta rombongan terbatas diagendakan menuju Masjid Al-Jabbar di Kecamatan Gedebage, untuk meninjau sentra vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan oleh Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) dan Tim Kolaborasi Vaksinasi.

Agenda terakhir kunjungan kerja Wapres di Jawa Barat ialah memimpin Rapat Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem bersama jajaran Pemerintah Daerah Jawa Barat di Kantor Gubernur.

Sebelumnya, Selasa (28/9), dalam rapat melalui konferensi video dari kediaman resmi wapres Jakarta, Wapres mengimbau seluruh kepala daerah prioritas memastikan kelompok rumah tangga miskin ekstrem di daerahnya masing-masing mendapatkan manfaat dari program penyelesaian kemiskinan ekstrem, yakni program pemberian bantuan sosial dan program pemberdayaan masyarakat.

“Saya juga mengingatkan bahwa di setiap provinsi dan kabupaten-kota terdapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD). Saya minta TKPKD aktif mengoordinasikan pengentasan kemiskinan ekstrem, sehingga sasaran untuk menghilangkan kemiskinan ekstrem ini tercapai,” kata Wapres di Jakarta, Selasa.

Jawa Barat menjadi salah satu dari tujuh provinsi yang menjadi daerah prioritas pemerintah dalam rangka penyelesaian kemiskinan ekstrem hingga akhir 2021.

Empat daerah yang angka kemiskinan ekstremnya ditargetkan nol persen tersebut ialah Cianjur, Bandung, Kuningan, Indramayu dan Karawang.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *