Sinopsis dan Review Drama Cina Casual and Perfect (2020)

Menikah tentu menjadi hal yang membahagiakan, itulah hal yang dirasakan oleh Yun Shu. Meski hanya menikah secara kontrak, Yun Shu memang sudah menyukai profesornya ini.

Sejak pertama bertemu ia memang sudah jatuh cinta, sayangnya profesor Zhang ini sangat perfeksionis dan matematis. Karena profesor Zhang Si Nian yang bagaikan dewa ini selalu memperhitungkan segalanya dengan matematika.

Casual and Perfect (2020) adalah judul drama yang sangat tepat untuk menggambarkan pasangan ini. Pasalnya Yun Shu yang sangat santai justru berpasangan dengan pria super perfect bagaikan dewa. Drama Casual and Perfect ini ditayangkan di Mango TV dan MGTV Drama Channel.

Pasti penasaran dong bagaimana bisa Yun Shu dan Profesor Zhang Si Nian terlibat dalam pernikahan kontrak? Yuk, simak review Casual and Perfect berikut ini!

Sinopsis

Sinopsis
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Romantic Comedy
  • Produksi: Mango Excellent Media
  • Sutradara: Li Shuang
  • Pemeran: Miles Wei, Xu Rou Han, Marguax, Zhao Lou Ran, Sheng Gang Shuai, Dai Yun Fan, Joy Sheng, Law Cui
  • Jumlah Episode: 24 Episode

Yun Shu adalah seorang mahasiswi di salah satu universitas terkemuka, di usianya yang masih muda ia memang cukup mandiri dan dewasa. Ia tidak mau menyusahkan sang kakak dan sedang dalam proses untuk membeli rumah sendiri. Untungnya ada sepupunya yang membantu untuk membeli rumah dengan harga murah dan berada di lingkungan yang baik dan sehat.

Proses pembelian selesai dan Yun Shu langsung melihat-lihat rumah barunya, siapa sangka di rumah itu ia bertemu dengan Profesor Zhang Si Nian. Bahkan yang lebih mengejutkan lagi, Yun Shu ternyata di tipu oleh sepupunya sendiri dan kini terlantar. Pasalnya Zhang Si Nian mengusirnya dari rumah miliknya, setelah ia menunjukkan surat-surat resmi rumahnya tersebut.

Yun Shu dan Zhang Si Nian memang memiliki hubungan yang tidak baik, pasalnya profesor Zhang ini sangat-sangat menyusahkannya. Yun Shu gagal melakukan presentasi hanya karena ia terlambat beberapa detik saja. Yun Shu yang tidak memiliki tempat tinggal, menumpang bermalam di asrama rumah sakit ditempat temannya Lin Nou bekerja.

Di sana ia tidak sengaja bertemu dengan seorang kakek yang bersembunyi dari para perawat, ia pun menemani kakek itu hingga suster datang. Di sisi lain Zhang Si Nian di beritahu dokter bahwa kondisi kakeknya semakin parah dan memikirkan permintaan kakeknya soal menikah.

Di hari yang sama ia bertemu dengan Yun Shu di rumah sakit dan memperkenalkannya sebagai tunangannya pada sang kakek. Dari sinilah hubungan kontrak antara keduanya di mulai, dimana Yun Shu bisa tinggal di rumah Zhang Si Nian.

Pada awalnya hubungan keduanya sangat kaku, karena Zhang Si Nian sering meremehkan Yun Shu hingga kakak Yun Shu mengetahui soal kontrak keduanya. Dengan berat hati ia menerima hal ini. Lalu di tengah-tengah hubungan keduanya berkembang, Zhang Si Nian dilanda cemburu pada atasan Yun Shu.

Ada banyak masalah yang muncul selama mereka menjalani pernikahan kontrak, tapi hal ini makin mengeratkan hubungan mereka. Zhang Si Nian menyatakan perasaanya pada Yun Shu dan mereka akhirnya menjalani pernikahan lebih serius. Di saat yang sama mantan kekasih Zhang Si Nian datang dan berusaha untuk kembali padanya.

Lin Chu Chu menjalankan sebuah projek dengan Zhang Si Nian dan terlibat urusan legal soal plagiat kutipan oleh Yun Shu. Meski mengetahui Zhang Si Nian sudah menikah, Lin Chu Chu tidak menyangka wanita itu adalah Yun Shu yang sedang dekat dengannya.

Dramanya Manis Tapi Tidak Terlalu Manis

Dramanya Manis Tapi Tidak Terlalu Manis

Casual and Perfect (2020) adalah versi drama romantis komedi yang santai, karena konflik dan plot twist tidak rumit. Sejak paruh pertama, drama ini sudah memberikan konflik yang cukup seru untuk diikuti.

Konflik berawal ketika Yun Shu pertama kali bertemu dengan Zhang Si Nian di coffee shop. Dalam sekejap cinta pada pandangan pertama berubah menjadi rasa kesal karena melihat pria itu ternyata arogan.

Premis pernikahan kontrak dan benci jadi cinta memang bukanlah hal yang aneh, karena sudah banyak drama seperti ini. Tapi romantisme dalam Casual and Perfect diceritakan dengan cara yang manis, dimana pasangan menunjukkan proses dalam hubungan mereka. Di paruh pertama ada rasa canggung dan pemikiran-pemikiran buruk mengenai pribadi masing-masing.

Baca juga:

Dari paruh kedua inilah adegan romantis di mulai, dimana pasangan ini mulai saling memberikan afeksi. Makanya perubahan sikap dari setiap pemainnya bisa dikatakan diceritakan step by step dan lambat. Sebenarnya sejak paruh pertama benih-benih cinta sudah ada di antara keduanya, sayangnya memang situasi tidak mendukung.

Di paruh kedua kita disuguhkan dengan perubahan karakter dingin, arogan dan matematis Zhang Si Nian. Setiap harinya ia menjadi lebih lembut dan menyadari bahwa Yun Shu adalah gadis yang sangat tulus. Meski Yun Shu menerima pernikahan untuk mendapatkan rumah, ia tidak pernah mengabaikan tugasnya sebagai istri dan menantu.  

Perubahan Zhang Si Nian yang kaku menjadi pria romantis ini memang berjalan cukup alot, tapi setelah mereka bersama ada banyak sekali skinship yang dilakukan. Paruh kedua drama ini penonton di suguhkan adegan-adegan romantis ala pengantin baru. Pelukan, back hug, ciuman di kening dan ciuman di bibir, semuanya akan sering disaksikan di paruh kedua.

Tapi tenang saja, adegan-adegan romantis ini masih dalam tahap wajar dan normal. Dibanding menunjukkan hasrat, drama ini lebih menunjukkan hubungan yang hangat. Makannya drama ini bisa dikatakan manis tapi tidak terlalu manis, karena romansa yang diberikan tidak cringe.

Tipikal Romcom dengan Cerita Lain yang Mencuri Perhatian

Tipikal Romcom dan Ada Percintaan Lain yang Mencuri Perhatian

Berbicara premis drama Casual and Perfect (2020), drama ini mengingatkan saya pada Well Intended Love (2019) yang memiliki premis sama. Hanya saja Casual and Perfect ini benar-benar tipikal drama romantis komedi pada umumnya, tapi ceritanya lebih santai. Untungnya drama ini memiliki pemeran utama yang terlihat sangat serasi dengan kemistri yang baik.

Tapi ada pasangan lain yang diam-diam mencuri perhatian saya selama menonton drama Casual and Perfect. Hubungan yang kekanak-kanakan ala Gao Zhi Yi dan Lin Nou yang lebih rumit dan kompleks. Pasangan ini menunjukkan berbagai macam aspek, cinta bertepuk sebelah tangan, romatisme hingga egosi anak muda.

Gao Zhi Yi adalah tipe wanita yang mudah cemburu dan selalu mementingkan pemikirannya tanpa penjelasan. Sementara itu Lin Nuo adalah pria yang sangat perhatian dan penuh perjuangan. Pria ini berusaha mendapatkan cinta Gao Zhi Yi dan menahan kecemburuannya. Namun cemburu buta Gao Zhi Yi membuat hubungan keduanya menjadi tipe hubungan yang toxic.

Selain itu ada percintaan antara Yun Lan dan si aktor yang sedang naik daun sekaligus sahabat karib Zhang Si Nian yaitu Lu Yu. Pada awalnya Yun Lan dan Lu Yu terlibat dalam one night stand, makannya Yun Lan sangat menghindari aktor itu. Lu Yu dikenal sebagai aktor papan atas yang super percaya diri tapi sifatnya benar-benar kekanak-kanakan. 

Sementara Yun Lan adalah wanita yang sangat independent, dimana ia memiliki pemikiran bebas dan rasional. Hubungan keduanya sangat bergejolak, saling cemburu dan saling meremehkan satu sama lain.

Tapi kedua orang ini selalu berusaha mendukung satu sama lain dengan cara masing-masing. Pertengkaran hebat juga terjadi kala Yun Lan memihak pada orang yang bersitegang dengan Lu Yu.

Kurang Daya Tarik, Meski dengan Taste Anak Muda

Dramanya Kurang Daya Tarik, Meski Dibuat dengan Taste Anak Muda

Sebelumnya saya sudah mengatakan bahwa drama ini adalah drama yang manis tapi tidak terlalu manis. Hal ini bisa saya katakan setelah melihat berbagai scene romantis antara Yun Shu dan Zhang Si Nian. Saya menyukai bagaimana writer drama memilih untuk membuat adegan romantis yang manis dibanding adegan romantis yang cringe.

Memberikan banyak adegan skinship seperti pelukan dan ciuman, semuanya dibalut dalam suasana yang hangat. Lalu drama ini di edit agar sesuai dengan taste anak muda dan remaja dengan memberikan efek-efek kekinian. Sebenarnya adegan-adegan romantis dalam drama ini tidak jauh dari adegan romantis ala-ala drama Korea.

Seperti adegan digambar, Yun Shu hampir jatuh dan badannya ditahan oleh Zhang Si Nian agar tidak terjatuh. Scene lainnya yaitu memberikan morning kiss dan backhug pada Yun Shu yang sedang memasak di dapur, manis tapi dalam kadar yang pas. Apalagi drama ini tidak memiliki sinematografi yang membuat penonton merasa terpukau.

Setidaknya pengambilan gambarnya, pencahayaan dan suasana yang tunjukkan terkesan sangat youthfull. Hal yang saya kurang sukai, drama ini cenderung membosankan karena tidak memiliki konflik yang mendasar. Dalam artian setiap masalah benar-benar terasa sebagai pemanis untuk hubungan Yun Shu dan Zhang Si Nian.

Sementara dua pasangan lainnya memiliki konflik yang lebih mendasar dan kompleks. Apalagi durasi 24 episode, setengahnya di habiskan untuk memperlihatkan perubahan karakter pemeran utamanya.

Drama ini bisa memegang premis ceritanya, tapi benar-benar drama romcom. Konflik yang harusnya jadi daya tarik, tidak dikembangkan sehingga alurnya jadi lambat dan monoton.

Casual and Perfect (2020) adalah drama yang cukup menyenangkan dan watchable, terutama bagi remaja. Drama yang santai ini akan bisa mengisi waktu luang sambil menikmati cerita yang manis.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *