Kemenkes Minta Kepala Daerah Berinovasi Perluas Cakupan Vaksinasi

Jakarta: Juru Bicara Vaksinasi covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi berharap semua pihak mendukung perluasan vaksinasi. Termasuk, kepala daerah.
 
“Kami mengingatkan kembali untuk terus dapat meningkatkan cakupan vaksinasi kita,” kata Nadia seperti dikutip dari Antara, Rabu, 29 September 2021.
 
Dia mengatakan beberapa daerah perlu menambah kapasitas vaksinasi untuk mencapai target 70 persen vaksinasi dosis pertama dan 60 persen vaksinasi pada warga lanjut usia (lansia). Daerah tersebut ialah Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung di Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Bangkalan di Provinsi Jawa Timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Baca: Pemerintah Minta Masyarakat Mendukung Vaksinasi Covid-19
 
Nadia meminta kepala daerah mempercepat vaksinasi. Caranya, dengan mengupayakan berbagai inovasi dan terobosan-terobosan sesuai dengan konteks lokal daerah.
 
“Mengupayakan pencapaian kekebalan komunitas untuk bisa kita capai segera mungkin,” kata dia.
 
Nadia mengatakan ada daerah dengan cakupan vaksinasi lansia sangat rendah, baik dosis pertama atau dosis kedua. Daerah tersebut adalah Sumatra Barat, Aceh, Papua, dan Maluku Utara.
 
Nadia berharap ada strategi yang dapat disusun sesuai dengan permasalahan atau hambatan spesifik di masing-masing wilayah. Sehingga, dapat meningkatkan cakupan vaksinasi covid-19.
 
Di luar Jawa dan Bali, pemerintah Indonesia juga terus mendorong upaya agar ibu kota provinsi bisa mencapai target cakupan vaksinasi 70 persen dengan dosis pertama pada seluruh sasaran di Oktober 2021.
 
Nadia menuturkan Kota Serang di Banten, Kota Kupang di Nusa Tenggara Timur, dan Kota Palangka Raya di Kalimantan Tengah telah berhasil mencapai target di pekan ketiga September 2021. Sementara itu, ibu kota provinsi lainnya perlu untuk meningkatkan cakupan target vaksinasi hingga Oktober 2021.

 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *