Aktifkan Cruise Control Saat Berkendara, Pengemudi Harus Tetap Waspada

Suara.com – Cruise control adalah salah satu teknologi baru yang diterapkan pada mobil dengan fungsi mengatur kecepatan mesin stabil tanpa membutuhkan pijakan pedal gas.

Fitur ini memungkinkan mobil untuk tetap bergerak dengan kecepatan yang stabil tanpa kaki harus menginjak pedal gas.

Apa saja hal yang harus diperhatikan pengemudi saat mengaktifkan fitur cruise control?

“Cruise control standar, walau kecepatan bisa dilock, tapi kesadaran driver harus tetap ada. Mesti tetap waspada,” ujar Rifat Sungkar, dalam sesi virtual bersama Mitsubishi, Rabu (29/9/2021).

Baca Juga: Banyak Tersemat di Mobil, Ini Kelemahan Fitur Adaptive Cruise Control

Rifat memberi contoh, fitur cruise control yang terdapat pada Mitsubishi Pajero Sport adalah adaptive cruise control. Jadi fiturnya lebih komplet berkat adanya adaptif dan pengereman aktif.

Mitsubishi Pajero Sport 2021 di Thailand [Mitsubishi Thailand].
Mitsubishi Pajero Sport 2021. Sebagai ilustrasi [Mitsubishi Thailand].

“Mobil akan mengikuti dengan kecepatan yang dimaksud. Ini fitur premium maka adanya di mobil premium,” terangnya.

Sebagai informasi, fitur ini sebenarnya baru bisa aktif pada kecepatan minimum 40 km per jam, sehingga kalau aktif di jalan yang padat dengan kendaraan bermotor lain, akan membahayakan.

Jadi, buat pemilik mobil yang punya fitur seperti ini disarankan untuk mengaktifkan Cruise Control sebaiknya melihat kondisi jalan di sekitarnya, demi menjaga keamanan dan keselamatan.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, tinggal tekan tombol Cruise Control yang terletak di setir sebelah kanan. Ketika sudah dinyalakan, pada layar MID akan muncul logo Cruise Control lalu cukup dengan menekan tombol SET untuk mengaktifkannya.

Baca Juga: Tikungan Masih Jadi Masalah Utama Fitur Adaptive Cruise Control Mobil

Setelah itu mobil pun akan melaju sesuai kecepatan terakhir saat tombol ditekan. Misalnya pada kecepatan 80 km per jam dengan fitur Cruise Control, pengemudi cukup mengendarai mobil hingga 80 km per jam dan lalu mengaktifkan fitur itu.

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *