Bali Susun SOP untuk Sambut Turis Mancanegara

Denpasar: Pemerintah Provinsi Bali melakukan berbagai persiapan menjelang pembukaan pariwisata mancanegara. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, I Putu Astawa, merespon cepat adanya wacana dari pemerintah pusat yang segera membuka pariwisata internasional untuk Bali.
 
“Hal ini dimaksudkan agar lebih mudah melakukan pencegahan dan penanggulangan terhadap penyebaran covid-19 di sector pariwisata,” kata Astawa di Denpasar, Selasa, 28 September 2021.
 
Baca: Karang Taruna di Banten Diminta Bantu Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Astawa akan menyiapkan buku panduan atau SOP terintegrasi yang dipahami oleh semua komponen terkait, sehingga bisa dilaksanakan dengan standar yang sama di semua lini.
 
Penyusunan buku saku tersebut dilakukan setelah menerima dan mendengarkan berbagai masukan dari sejumlah pihak.
 
“Untuk menindaklanjuti usulan dari peserta FGD, saya bersama-sama dengan para pakar khususnya pakar pariwisata akan segera kumpul untuk menyusun SOP bersama/terintegrasi dalam penanganan wisatawan sehingga semua komponen bisa memahami dan bisa bertindak dengan standar yang sama,” jelasnya.
 
Astawa menambahkan akan dilaksanakan rapat lanjutan untuk membahas persiapan-persiapan lain dalam rangka pembukaan pariwisata internasional untuk Bali, termasuk juga dari pihak Imgrasi dimohon untuk membuat sosialisasi resmi melalui media mengenai aturan mengurusan visa bagi wisatawan yang akan masuk Bali sehingga pihak-pihak terkait seperti travel agent, hotel dan sebagainya bisa memberikan informasi yang jelas terkait pengurusan visa.
 
Sementara Kabid Inteldak Kanwil Inteldak Kumham Provinsi Bali, Rachmat, mengatakan dengan dikeluarkannya Permenkumham nomor 34 tahun 2021 sebenarnya Pariwisata Indonesia dan Bali sudah buka karena dalam Permenkumham tersebut sudah memberlakukan Visa Kunjungan yang boleh dipergunakan untuk pariwisata.
 

 
 

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *