Sinopsis dan Review The Veil, Kembalinya Agen BIN yang Hilang

Nama Namgoong Min seperti jaminan mutu di industri hiburan Korea Selatan. Kualitas aktingnya sejauh ini sudah diganjar oleh banyak nominasi dan penghargaan. Dinobatkan sebagai Best Actor dalam berbagai ajang sudah bukan hal mengherankan. Tahun 2021 ini, Namgoong Min kembali terlibat dalam pembuatan drama. Drama terbarunya ini merupakan karya orisinal dari Park Seok Ho; pemenang MBC Drama Screenplay Contest 2018 lalu.

The Veil (2021) yang disutradarai oleh Kim Sung Yong mendapuknya sebagai tokoh utama bernama Han Ji Hyuk. Dia adalah mantan agen BIN yang sempat dinyatakan meninggal tapi kemudian kembali ditemukan. Kemunculannya membawa rahasia dan teka-teki, bahkan bagi dirinya sendiri. Seperti apa lengkapnya drama terbaru dari Namgoong Min ini? Simak ulasannya berikut ini!

  • Tahun Rilis: September 2021
  • Genre: Spy, Action
  • Produksi: MBC, 3Mana Creativa, Ateod Co. Ltd
  • Sutradara: Kim Sung Yong
  • Pemeran: Namgoong Min, Park Ha Sun, Kim Ji Eun, Jang Young Nam
  • Jumlah Episode: 12

Sinopsis

Han Ji Hyuk ditugaskan bersama dua rekannya. Dalam penugasan tersebut dua rekannya tewas sedangkan JI Hyuk dinyatakan hilang, tak lama ikut dinyatakan meninggal dunia. Satu tahun kemudian, polisi air menemukan Han Ji Hyuk berada di kapal yang beroperasi untuk penjualan organ manusia. Kemunculannya menimbulkan kehebohan di kalangan petinggi dan rekan-rekannya. Berikut sinopsis dan review The Veil (2021) episode 1 untuk lebih jelasnya.

Episode 1

Episode 1 The Veil

Di sebuah kapal yang beroperasi untuk bisnis jual beli organ manusia, Han Ji Hyuk menyelamatkan gadis cilik yang hendak dibawa pergi oleh para pelaku. Tak lama polisi air datang dan mengidentifikasinya. Badan Intelijen Nasional kaget karena Han Ji Hyuk, agen mereka yang dinyatakan meninggal, masih hidup. BIN lalu bergerak memulangkannya.

Heukyang, tim agen elit di bawah Biro Intelijen Asing, adalah gugus tugas rahasia bentukan BIN. Han Ji Hyuk merupakan agen lapangan terbaik Heukyang yang berhasil mengeksekusi beberapa target atau proyek BIN di luar negeri. Han Ji Hyuk menghilang tanpa jejak tahun lalu ketika bekerja menyelidiki tiga agen BIN yang tewas dibunuh saat mereka ditugaskan di China dan Korea Utara.

Setelah diselidiki, ternyata mereka berurusan dengan kartel narkoba yang mengedarkan barang tersebut ke Korea Utara. Saat hampir selesai melakukan tugasnya, dua anggota Heukyang dan Han Ji Hyuk hilang kemudian dinyatakan meninggal. Kemunculan Han Ji Hyuk memunculkan kehebohan di kalangan petinggi.

Setelah diperiksa, ditemukan bahwa luka-luka di tubuh Ji Hyuk disebabkan oleh penyekapan dan penyiksaan dalam waktu lama. Dalam darahnya terdapat banyak zat neurokimia. Di antara zat neurokimia itu terdapat ZIP yang dapat menghapus ingatan. Peneliti menyebutkan bahwa kemungkinan ada seseorang yang sengaja menyuntikkan zat tersebut untuk membuat Ji Hyuk hilang ingatan. Dia tidak ingat apa pun selama setahun terakhir.

Disaksikan Do Jin Sook dan Kang Pil Ho atasannya di BIN, Ji Hyuk menjalani tes kebohongan. Han Ji Hyuk tersinggung dengan pertanyaan yang seolah mencurigainya terlibat dalam kematian dua agen BIN lain yang bertugas bersama setahun lalu. Han Ji Hyuk berontak dan mengamuk. Hasil wawancara menyatakan bahwa Ji Hyuk tidak berbohong.

Kemunculan Ji Hyuk kembali diiringi rumor bahwa dia adalah orang yang merilis daftar agen BIN setahun lalu. Di sisi lain dia adalah orang yang bisa menyelamatkan BIN. Do Jin Sook meminta Kang Pil Ho, bawahannya, untuk segera memulihkan ingatan Han Ji Hyuk. Pil Ho sebagai perekrut Ji Hyuk, keberatan karena terlalu cepat. Do Jin Sook sendiri meragukan apakah Ji Hyuk benar-benar hilang ingatan atau tidak.

Pil Ho meminta Ji Hyuk dibebaskan dari segala pemeriksaan kesehatan, sesuai dengan perintah atasan. Namun dokter tidak menyetujui itu karena Ji Hyuk sesungguhnya mengalami PTSD; keadaannya belum memungkinkan. Hari itu Ji Hyuk kembali bertemu dengan rekannya di BIN, Soo Yeon.

Dia adalah pasangan Oh Kyung Seok, rekan Ji Hyu yang tewas dalam tugas. Han Ji Hyuk ingat Soo Yeon sempat berselingkuh dari Kyung Seok. Ji Hyuk mencurigai Soo Yeon terlibat dalam peristiwa setahun lalu karena ketika Ji Hyuk mengirim kontak dia ada di markas bersama Ha Dong Kyun. Han Ji Hyuk bertekad menemukan orang di balik kematian dua rekannya.

Untuk sementara Ji Hyuk ditugaskan di Pusat Informasi Kejahatan sebagian bagian dari tim dukungan di bawah pimpinan Ha Dong Kyun. Ji Hyuk baru dapat turun bertugas ketika mereka meminta bantuannya. Lelaki itu bersedia dengan syarat setelah melakukan tugas, dia dibiarkan menyelidiki kejadian yang menimpa dua rekannya seorang diri.

Han Ji Hyuk mendapat rekan kerja baru. Dia seorang gadis pintar bernama Yoo Je Yi yang merupakan kelulusan KAIST dengan gelar di bidang Kimia. Dia bergabung dengan organisasi di usianya yang ke 21. Selama 7 tahun bekerja di tim pemprosesan data, Ye Ji mendapat evaluasi baik dari atasan dan rekan-rekan. Terbiasa kerja di belakang meja, bisakah Ye Ji bekerja di lapangan bersama Ji Hyuk?

Menemui Ha Dong Kyun, rupanya dia pun meragukan apakah Ji Hyuk benar-benar kehilangan ingatannya atau tidak. Dong Kyun juga membicarakan soal Soo Yeon yang berubah setelah peristiwa itu. Untuk pertama kalinya Ji Hyuk dipertemukan dengan Ye Ji sebagai satu tim. Pulang ke apartemennya, Ji Hyuk mendapat kode misterius berisi sebuah petunjuk yang malah membuatnya semakin bingung.

Dibuka dengan Teka-teki

Dibuka dengan Teka-teki

Dilihat dari episode 1, The Veil (2021) sangat menjanjikan untuk kamu yang suka drama penuh intrik dan teka-teki dengan latar belakang badan intelijen. Melibatkan organisasi yang penuh rahasia di dalam ceritanya, drama ini menyuguhkan sebuah teka-teki dengan alur yang rapi.

Baca juga:

Dari episode 1 tampaknya tidak terlalu banyak karakter yang terlibat. Plot berfokus pada karakter Han Ji Hyuk, agen BIN yang hilang dalam tugas lalu dinyatakan meninggal. Masalah bermula ketika peristiwa yang juga menewaskan dua agen BIN lain tersebut seperti merupakan sebuah konspirasi. Ada rahasia besar di belakangnya yang menarik untuk diikuti di episode-episode selanjutnya.

Penampilan Meyakinkan dari Namgoong Min

Penampilan Meyakinkan dari Namgoong Min

Namgoong Min mendedikasikan diri untuk terlibat dalam drama ini sampai berhasil membentuk badannya jadi lebih bulky. Di menit-menit awal dia tampil dengan rambut gondrong, kumis dan janggut tebal yang gak karuan. Sebagai seseorang yang diceritakan menjadi tawanan kapal penjual organ, tatapan matanya saat ditemukan tampak mengancam dan tak kenal takut tapi bingung dan putus asa.

Setelah dilakukan perawatan dan sebagainya, penampilan Namgoong Min di episode 1, berubah lebih segar dengan tatapan mata yang semakin percaya diri. Memiliki kemampuan akting yang baik, kita bisa merasakan perubahan emosi Namgoong Min dalam sosok Han Ji Hyuk hanya dari caranya menatap sesuatu.

Nonton The Veil (2021) episode 1, alurnya memang terasa cukup lambat, apalagi memasuki pertengahan. Mendekati akhir ada bagian yang bikin penasaran dan tentu saja kejutan kecil juga disimpan di sana. Sudah siap dengan episode selanjutnya?

Episode 2

The Veil Episode 2

Ji Hyuk mendapat peringatan dari dirinya untuk hati-hati dan curiga pada siapa pun, karena di dalam organisasi yang menaunginya ada pengkhianat. Ji Hyuk perlu mencari potongan terakhir agar sebuah teka-teki besar dapat terungkap. Orang-orang yang Ji Hyuk curigai adalah Soo Yeon, Ha Dong Kyun, Do Jin Sook dan Kang Pil Ho.

Huayang Geng, kertel narkoba dari China akan masuk ke Korea. Wakil Komisaris ingin menempatkan Ji Hyuk dalam kasus tersebut, mengingat agen itu sempat bersinggungan dengan Huayang Geng setahun lalu, tapi Ha Dong Kyun menawarkan diri pada Kang Pil Ho. Dia akan menangkap salah satu orang penting di Huayang Geng.

Ji Hyuk menerima berkas mengenai informasi Proyek Beruang Coklat yang ditangani dirinya satu tahun lalu dari Cheon Myung Ki (Hyun Bong Sik). Ji Hyuk menyerahkan kartu keamanan dari organisasi Myung Ki yang dia temukan. Ji Hyuk ingin tahu siapa pemiliknya. Ji Hyuk menemukan satu nama pekerja yang sudah expired yang mengingatkannya pada kejadian di Tiongkok dua tahun lalu.

Masa itu Ji Hyuk bicara dengan Kim Dong Hwan mengenai keberadaan Huayang Geng, yang sepertinya sedang dicari pria tersebut. Menurut Dong Hwan, Huayang Geng sebenarnya hanya cangkang. Dia merasa ada sesuatu yang lebih besar di bawahnya. Satu tahun kemudian, Ji Hyuk menerima informasi mengenai kematian Dong Hwan dari Kang Pil Ho. Menurut Pil Ho, pria itu dibunuh oleh penyerang tidak dikenal.

Peristiwa tersebut berbarengan dengan tewasnya dua agen BIN yang ditugaskan sebelumnya. Banyaknya agen BIN yang tewas di hari yang sama dan berbarengan memunculkan kecurigaan bahwa daftar identitas mereka telah bocor. Ji Hyuk, Kyung Seok dan Dong Wook kemudian mendapat tugas untuk menyelidiki siapa pelakunya dan pastikan mendapat ganjaran serupa. Setelah berhasil menghabisi pembunuh Kim Dong Hwan, Ji Hyuk tak mampu lagi mengingat apa pun.

Ji Hyuk sudah memutuskan untuk memulai penyelidikan atas kematian dua rekan agennya dari dalam tubuh Huayang Geng. Namun, Ha Dong Kyun sudah mendahului Ji Hyuk menangkap Jang Gwang Cheol, orang kedua Huayang Geng, dan beberapa orang terkait termasuk supir mereka. Namun, seseorang meminta kepolisian melepaskan Jang Gwang Cheol lalu mendeportasinya. Jika tidak dilakukan satu per satu anggota polisi akan tewas.

Ji Hyuk bertemu dokter yang mengawasinya. Kondisi yang dialami Ji Hyuk cukup khusus karena dia benar-benar hilang ingatan tapi masih bisa mengingat emosi dari satu peristiwa tertentu. Masih menurut dokter, emosi lebih kuat dari ingatan, karena itu jangan mengikuti emosi sebab dapat mengubah ingatan atau kenangan.

Ha Dong Kyun membawa Ji Hyuk menemui Wakil Komisaris Do Jin Sook. Sebelum itu dia mengingatkan Ji Hyuk untuk menolak apa pun tawaran tugas yang diberikan. Pertemuan mereka membahas penangkapan Jang Gwang Cheol. Menurut Ji Hyuk, Gwang Cheol adalah bagian penting dari sebuah informasi yang tidak dapat diekspos.

Ji Hyuk menyampaikan informasi sekaligus analisis yang dia tahu mengenai Huayang Geng, tapi Dong Kyun coba memengaruhi Jin Sook untuk jangan mudah percaya. Permintaannya menginterogasi Gwang Cheol juga langsung ditolak oleh Pil Ho tapi Jin Sook mengizinkannya. Ji Hyuk ‘melawan’ Pil Ho dan Dong Kyun yang tampak baik-baik saja dengan kemunculan tersangka yang sudah membunuh tiga agen mereka.

Ji Hyuk menggunakan cara yang ekstrem untuk menginterogasi Gwang Cheol. Di saat bersamaan satu anggota polisi kembali dibunuh oleh komplotannya. Ketika memeriksa potongan tangan anggota polisi yang tewas, Ji Hyuk mendapati tanda yang sama yang terdapat pada jasad Direktur Kim Dong Hwan satu tahun lalu. Setelah mengamuk dan menghajar Gwang Cheol, Ji Hyuk tahu dan kaget karena penjahat itu terlihat mengenalnya.

Dalam perjalanan pulang Ji Hyuk mendapati panggilan tak terjawab dari Ye Ji. Ye Ji melaporkan bahwa rekannya yang bertugas memulihkan data, menganalisis ponsel yang ditemukan di lokasi penangkapan Gwang Cheol. Dia lalu mengirimkan file berisi video Ji Hyuk yang diambil di Pelabuhan Incheon beberapa waktu lalu. Ye Ji menebak pemilik ponsel adalah orang yang tahu tentang Ji Hyuk.

Tepat jam 12 malam, komplotan Huayang Geng membuat kerusuhan di kantor polisi tempat Gwang Cheol ditahan. Di saat bersamaan, Ji Hyuk memutuskan kembali karena menyadari sesuatu. Komplotan tersebut membebaskan Gwang Cheol dan seseorang yang tidak terduga, yang ternyata adalah pimpinan mereka. Selain itu Ji Hyuk juga menemukan fakta lain yang sangat mengejutkannya.

Pertarungan Awal Dimulai

Pertarungan Awal Dimulai

Masuk ke episode 2, The Veil (2021) sudah panas! Setelah banyak petunjuk di episode awal, di bagian ini petunjuk tersebut mulai terbuka satu per satu, terutama mengenai jaringan narkoba yang menewaskan beberapa agen BIN satu tahun lalu. Informasi sudah diberikan sejak drama dimulai dan tidak ada plot hole sama sekali sampai menit terakhir; alurnya rapi. Khusus scene flashback dan kehidupan Ji Hyuk sekarang, ia bertransisi tanpa membingungkan.

Jika di bagian awal menuju tengah alur terasa lambat karena berisi petunjuk-petunjuk yang masih abu-abu dan membuat kita meraba-raba, pada bagian tengah menuju akhir, plot terasa lebih menegangkan karena ada banyak adegan laga yang bisa dinikmati.

Petunjuk yang masih abu-abu tadi mulai terbuka dan tidak terduga. Plot twist yang ada di episode ini mencengangkan dan berhasil mengecoh karena orang yang tidak diperhitungkan ternyata adalah yang paling berbahaya. Bikin merinding!

Pertarungan antara Ji Hyuk dan anggota jaringan narkoba, terutama scene saat mereka bertarung di jalan raya dari dalam mobil, juga disuguhkan dengan sinematografi serta ketepatan pengambilan sudut gambar. Dari sana, ketegangan terjadi selama beberapa menit dengan tensi yang terus naik. Penampilan Namgoong Min di episode ini pun semakin meyakinkan karena dia sudah mulai bertugas, apalagi dengan tambahan setelan jas yang dikenakannya. Keren!

Sumber

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *